Kuliah di Yogya…, dan Sekitarnya (Bagian-3: UPNVY)


Kuliah dimana anak anda jika anda tinggal di sekitar Yogyakarta? (Bagian-3)

UPNVY

UPN “Veteran” Yogyakarta adalah universitas unik dengan tradisi yang cukup tua. Dimulai dengan status “negeri” karena PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) di bawah Departemen Pertahanan Keamanan yang berdiri cukup tua untuk ukuran universitas di Indonesia, lalu di medio 90-an berubah menjadi PTS kemudian tahun 2015 menjadi PTN penuh seperti layaknya PTN lainnya. UPN sendiri sebenarnya terdiri dari 3 institusi yaitu UPN di Yogyakarta, di Jakarta dan di Jawa Timur Surabaya. Hanya, saat ini pembahasannya adalah UPNVY: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

USP (Unique Selling Point) dari UPNVY:
1. Hampir semua jurusan yang ditawarkan oleh UPNVY adalah jurusan yang bagus, favorit dan marktetable. Dari jurusan-jurusan yang ada tampak sekali UPNVY ini amat berorientasi pada industri. Tidak ada jurusan “garing” yang masa depannya tidak jelas di UPNVY. Pilih jurusan apapun di UPNVY semuanya adalah jurusan yang bagus. Jadi yang terpenting adalah bisa diterima di kampus ini.

Jurusan Eksatanya semua amat bagus. Untuk Fakultas Teknologi Mineral dan Fakultas Teknologi Industri semua jurusannya marketable dan amat dibutuhkan dunia industri. Fakultas Pertanian pun jurusannya bagus. Meskipun sayang sekali industri pertanian di Indonesia tidak bagus prospekya tetapi jurusan yang tersedia di UPNVY tetap marketable. Untuk Fakultas FEB dan FISIP juga jurusan yang tersedia dengan demand tinggi.

2. Pendidikan di UPNVY terkenal dengan kedisiplinan dan kampus kejuanganya. Para lulusan UPNVY umumnya terkenal dengan para praktisi lapangan yang ulet dan tangguh. Kuliah di UPNVY terkenal dengan praktikum dan kuliah lapangannya. Para mahasiswa-mahasiswa teknik di UPNVY amat terbiasa bekerja di lapangan terjun langsung. Jangankan yang jurusan Teknik, bahkan yang jurusan sosial pun amat banyak dibekali mata kuliah praktikum. Jadi, seringkali didengar lulusan UPNVY itu jago di “lapangan” saat bekerja.

Tradisi “semi militer” karena dari dulu UPNVY di bawah Departemen Pertahanan Keamanan selama berpuluh2 tahun membentuk karakter tersendiri pada alumninya. Jadilah, karakter lulusan UPNVY itu terkenal handal secara skill, ulet dalam bekerja di lapangan serta loyal pada perusahaannya membuat lulusan UPNVY cukup disenangi oleh industri.

3. Core Competence UPNVY itu adalah Teknik yang terkait dengan Ilmu Kebumian seperti Geologi, Pertambangan, Perminyakan, Geofisika, Lingkungan, Metalurgi, dll, bahkan jurusan di Fakultas lain seperti jurusan Sistem Informasi pun titik kuatnya adalah tentang SI Kebumian yang terkait dengan pertambangan dan perminyakan, begitu juga dengan di Fakultas Pertanian seperti jurusan Ilmu Tanahnya pun diorientasikan pada revitalisasi dan pengelolaan tanah dari “bekas pertambangan”. Di Indonesia, UPNVY berhasil menjadikan Ilmu Kebumian ini sebagai Core Competence yang amat disegani. Untuk bidang ini UPNVY berada di garis depan bersama dengan ITB dan UGM.

Jadinya, UPNVY amat sangat lengkap dalam cluster Ilmu Kebumian dan Energi. Rangkaian bidang Ilmu Kebumian dan Energi dari mulai titik hulu sampai dengan titik hilir tersedia semua jurusannya di UPNVY. Dari mulai Eksplorasi hasil bumi (Teknik Sistem Informasi Ilmu Kebumian, Teknik Geofisika dan Teknik Geologi), lalu eksploitasi (Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan), kemudian produksi (Teknik Metalurgi, Teknik Kimia dan Teknik Industri) lalu recovery lingkungan (Teknik Lingkungan dan Ilmu Tanah) semuanya ilmunya dapat dipelajari di UPNVY. Ini adalah keunggulan yang amat langka yang dimiliki UPNVY dibandingkan PTN/PTS lainnya.

Dari kelebihan-kelebihan USP yang dimiliki UPNVY maka wajar jika peminat pendaftaran di UPNVY ini amat sangat membludak. Dalam banyak kasus justru peminatnya leboih banyak dari pada kampus-kampus PTN lainnya yang selama ini kita kenal sebagai kampus top. Ini wajar meskipun status PTN UPNVY itu baru tapi sesungguhnya UPNVY adalah universitas tua dan saat belum jadi PTN pun, UPNVY sesungguhnya salah satu universitas terbaik di Yogyakarta.

#dariTepianLembahSungaiElbe

Iklan

One thought on “Kuliah di Yogya…, dan Sekitarnya (Bagian-3: UPNVY)

  1. Ass Wr Wb. Pak Ferizal. gimana kabarnya saya bambang Nur Cahyaningrum, dulu teman jenengan di Ekonomi UGM. ngomong2 kok sekarang Facebooknya tidak sering muncul dengan pendapat2 jenengan ya..

    XXXXX

    Hallo Kang Bambang,

    Aku offline dari Facebook dan Medsos dulu karena sedang banyak kerjaan kang. Klo di Blog-kan tidak terlalu “hiruk-pikuk” jadi seminggu sekali nulis di Blog 🙂

    Salam Hangat kang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s