Kuliah di Yogya…, dan Sekitarnya (Bagian-2: UNS)


Kuliah dimana anak anda jika anda tinggal di sekitar Yogyakarta? (Bagian-2)

UNS
Jangan salah mengartikan, UNS itu bukan kepanjangan dari Universitas Negeri Surakarta, melainkan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Setelah membahas UGM pada bagian-1 maka yang favorit selanjutnya adalah UNS Solo. Memang UNS tidak di kota Yogya tapi tradisi akademik dari UNS amat sangat baik sehingga amat perlu dipertimbangkan oleh calon mahasiswa baru. Kota Yogya dan Kota Solo itu berjarak 60 km ibarat Kota Kembar Kakak Adik, ini juga secara persepsi UNS solo itu seperti “kakak adik” dengan UGM Yogya.

UNS mungkin satu dari sedikit universitas di Indonesia yang hanya berada di kota tingkat-2, bukan kota propinsi, tapi punya reputasi nasional bahkan internasional. Untuk ukuran generasi PTN (yang didirikan bukan berasal dari PTS yang dinegerikan pasca reformasi) maka UNS adalah yang termuda, berdiri tahun 1976. Menariknya, UNS bisa mengimbangi terkadang mengalahkan PTN Top yang lebih tua darinya seperti Undip, Unpad, Unair, ITS atau Unibraw. UNS relatif lebih baik dari pada Unsoed atau Unej.

UNS yang amat muda bisa menyalip PTN-PTN top lainnya. Paling tidak jika gunakan versi Peringkat PT DIKTI dan Peringkat Akreditasi PT-BAN. Di peringkat Dikti 2015, UNS ada di peringkat 7 dari lebih 4.000 PTN/PTS di Indonesia. UNS hanya dibawah ITB, UGM, IPB, UI, Unpad dan Unair. UNS bisa diatas PTN top lainnya yang lebih tua darinya, meskipun peringkat tahun 2016 UNS agak turun.

Untuk peringkat Akreditasi Institusi PT-BAN tahun 2014 prestasi UNS jauh lebih mencengangkan. UNS di peringkat 3 terbaik untuk akreditasi institusi hanya dibawah UGM dan IPB. Diatas PT Top seperti ITB (di peringkat 5) dan UI (di peringkat 8). Untuk akreditasi Program Studi juga amat terhormat dimana hampir setengah program studi yang ada terakreditasi A.

Masuk UNS jelas prospek masa depan cerah. UNS merupakan universitas Top 10 terbaik di Indonesia dari mungkin sekitar 4.000-an Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Jadinya menjadi bagian dari sivitas akademika UNS pasti merupakan status terhormat. Hanya seperti juga Program S1 Reguler UGM, tidak semua Program S1 Reguler UNS marketable. Jadi, sarannya sama; jika anak anda ambil jurusan S1 yang tidak marketable atau tidak favorit maka pastikan bahwa itu diambil karena sesuai minat, kecintaan dan bakatnya.

Keunggulan lain yang dimiliki UNS meskipun ini sifatnya “non teknis” adalah Kampus UNS itu sejuk dan asri untuk suasana belajar. Kampusnya luas terpadu yang nyaman untuk belajar. Menariknya dengan semua kelebihan yang dimiliki UNS ini, justru uang kuliah UNS termasuk yang paling murah dibandingkan PTN lainnya.

Untuk Program D3 UNS (seperti juga UGM) tidak disarankan. Program D3 itu program yang „mengerem“ masa depan putra/i anda. Jangan pernah masukkan anak anda di program ini KECUALI karena berbagai terbatasan sehingga anda terpaksa masukkan anak anda ke Program D3 dan sebaiknya dia tetap bisa lanjutkan ke D4. Sekarang ini banyak Program D4 jadi jika ingin ambil program profesional maka ambil D4, JANGAN D3. Di UNS sendiri Program D4 ada tapi tampaknya baru memiliki D4 Kebidanan.

Satu-satunya jika ini dianggap sebagai kelemahan bahwa UNS bukan berada di kota Pelajar Yogyakarta. Meskipun Solo kota yang hebat tetapi tetap saja secara infrastruktur pendidikan kota Yogyakarta jauh lebih baik dari kota manapun di Indonesia. Jika anak anda kuliah di UNS maka bisa dipastikan akan tinggal di Solo bukan di Yogya. Tradisi Akademik Kota Solo jelas beda dengan Yogya.

Setelah UNS maka pembahasannya berikutnya UPNVY, UNY, UIN Suka, STT Batan, STMIK MMTC, Poltekes Yogyakarta, Poltek ATK, ISI Yogyakarta, serta Untidar Magelang menyusul…

(Bersambung)

#dariTepianLembahSungaiElbe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s