Kuliah di Yogya…, dan Sekitarnya (Bagian-4: UNY)


Kuliah dimana anak anda jika anda tinggal di sekitar Yogyakarta? (Bagian-4)

UNY

Universitas Negeri Yogyakarta dulunya adalah bagian dari UGM, lalu menjadi salah satu dari 3 IKIP terbaik yang dimiliki Indonesia yaitu IKIP Yogyakarta, IKIP Bandung dan IKIP Jakarta. Ke-3 IKIP tersebut lah yang mempelopori terjadinya transformasi dari IKIP menjadi Universitas umum. UNY sendiri di Yogyakarta menjadi kampus yang paling banyak diminati mahasiswa setelah UGM serta memiliki daya tampung penerimaan yang juga terbesar setelah UGM. Ada 3 alasan kuat yang membuat UNY amat unik buat para calon mahasiswa baru:

1. Profesi Guru saat ini adalah profesi yang terhormat dan amat serius dikembangkan di Indonesia. Kompetensi Guru diperhatikan pemerintah, sertifikasi Guru menjadi sebuah nilai tambah prestisius dan tentu saja dihargai secara kompensasi profesional atas profesi guru. Tidak hanya itu, profesi guru pun tradisinya dibangun secara baik. Seorang guru bisa kembangkan karirnya di struktural menjadi Kepala Sekolah atau Inspektor Sekolah, tapi bisa juga kembangkan karirnya secara fungsinonal dengan jenjang kepangkatan yang baik.

Dikarenakan terangkatnya derajat profesi guru saat ini dibandingkan 20 tahun lalu maka mengangkat juga martabat dari kampus-kampus mantan IKIP terutama sekali UNY yang menjadi salah satu kampus terbaik IKIP dulunya. Profesi Guru di Indonesia tampaknya mulai mengarah pada tradisi profesi Guru di negara-negara maju yang korpsnya amat terhormat. Ini wajar karena anggaran APBN untuk pendidikan kita amat raksasa 20% dari APBN, saat bersamaan demand masyarakat terhadap guru tidak akan pernah berkurang: karena masyarakat di level apapun butuh pendidikan.

Harus diakui profesi guru di Indonesia amat mungkin lebih tertata dan terstruktur tradisinya dari pada profesi insinyur saat ini. Sistem sertifikasi Profesi Guru sudah berjalan stabil sementar sistem sertifikasi profesi insinyur baru saja dimulai. Di Indonesia, profesi guru hanya kalah tradisi tertatanya dengan profesi dokter. (catatan: pendidikan profesi khusus high skill seperti Penerbang, Pelaut, Polisi atau militer tentu saja tradisi profesinya juga kuat).

2. Jurusan-jurusan Kependidikan di UNY amat maju dan penuh inovasi yang jelas ini dibutuhkan oleh pasar industri. Persaingan masuk untuk jurusan terkait Teknik (Kependidikan) cukup ketat dikarenakan memang kebutuhan untuk lulusan ini juga besar. Kelebihan UNY adalah baik secara institusi yang punya tradisi panjang di kependidikan, maupun secara jurusan yang ditawarkan amat unik sehingga sesuai dengan kebutuhan industri saat lulus. Artinya, seorang calon mahasiswa yang berminat jadi guru, hendaknya tidak ragu-ragu menjadikan UNY sebagai pilihan pertamanya.

3. Apabila tidak ingin jadi Guru, UNY sendiri membuka program-program umum diluar Program Kependidikan. Jurusan ini menjadi alternatif pilihan bagi para calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di PTN Yogyakarta tapi tidak menginginkan ambil jurusan pendidikan. Khusus untuk Fakultas Teknik terutama program vokasinya UNY memiliki jurusan-jurusan yang inovatif dan marketable. Variasi jurusan untuk vokasi amat lengkap.

Yang patut disayangkan disini, jurusan Vokasi di UNY adalah jurusan D3. Seharusnya UNY secepatnya menaikkan status program D3-nya menjadi D4. Institusi sebasar UNY sebaiknya tidak perlu lagi terlibat mencetak lulusan dengan jenjang pendidikan non degree yang lulusannya sulit melanjutkan sekolah lagi ke jenjang lebih tinggi. UNY harusnya fokus pada jenjang pendidikan degree baik S1 maupun D4.

Untuk jurusan-jurusan sosial non kependidikan, UNY menawarkan beberapa jurusan yang amat menarik seperti: Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Komunikasi, Bahasa dan Sastra Inggris, dll. Hanya yang perlu diingat seperti juga perguruan tinggi lainnya, Program S1 itu tidak semuanya marketable. Para calon mahasiswa baru harus perhatikan aspek ini; jika memilih jurusan yang tidak marketable maka pastika bahwa pilihan ini karena minat dan cinta yang tinggi sesuai dengan bakatnya sehingga saat lulus benar-benar menjadi sarjana yang mumpuni.

Terakhir yang perlu dicatat; sama seperti UGM dan UIN Suka, fasilitas infrastruktur bangunan di UNY amat maju pesat. 20 tahun lalu, bangunan-bangunan di UNY amat “miskin” sentuhan modernitas dan kemegahan serta miskin perawatan. Saat ini bangunan-2 di UNY megah yang menandakan dana UNY untuk pembangunan infrastruktur phisiknya cukup besar untuk menunjang proses belajar mengajar yang memadai.

#dariTepianLembahSungaiElbe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s