Apakah anda akan kirim Putra/i anda selulus SMA ke Jerman?


Germany

Dulu nasehatku sering kukatakan sebaiknya lulus D4/S1-nya di Indonesia dulu saja supaya punya jaringan alumni Indonesia saat lulus kelak. Setelah itu baru ambil S2 dan/atau S3 di Jerman.

Hanya sekarang nasehat itu tidak lagi kugunakan khususnya jika ingin kuliahkan putra/i anda ke Jerman. Alasannya:

1. Lulusan ke Jerman itu sekarang terbuka untuk kerja di LN apalagi kerja di Jerman amat terbuka. Jadi, ndak perlu harus kembali ke tanah air. Jadi, ekspatriat dan diaspora saja.

Dulu dimasa ku untuk dapat visa kerja amat sulit sekali. Perlu perjuangan berdarah2 untuk dapat visa: gabungan keberuntungan dan Prestas kerja keras. Sekarang malah Jerman ngundang orang untuk kerja selama yang dianggap menjadi lulusan terbaik.

2. Dulu saat lulus dari Jerman bingung cara kerja klo mau ke Indonesia klo sekarang sama Jerman malah lulusan yang ingin pulang dicarikan kerja dan difasilitasi pulang melalui Program ZAV/CIM. Meskipun program ini tidak baru tapi program ini benar2 efektif untuk membuat para lulusan Jerman dapat kerja setelah lulus.

3. Dulu lulusan Jerman terlalu sedikit untuk membangun jaringan. Sekarang mereka sudah amat banyak dan saling membangun jaringan. Jadi, tetap mereka pun punya jaringan.

4. Dulu kuliah di UGM, ITB, UI, IPB, Unair, Undip, Unpad, ITS dan PTN Top lainnya cuma seratus ribuan SPP-nya. Sekarang kuliah di UGM SPPnya 10 juta-an bahkan lebih sementara kuliah di Jerman gratis.

5. Dulu tradisi intelektual kampus2 PTN Top kita amat elegan sehingga meskipun kalah di fasilitas tapi tradisi akademik dan organisasi kemahasiswaannya amat bagus. Sekrang tradisi kampus2 besar itu komersial: sudah mahal, tradisi akademiknya pun turun.

Dari sana maka sedah beberapa tahun terakhir ini aku sudah tidak sarankan lagi lulusan SMU sebaiknya sekolah S1 di Indonesia dulu. Bagiku, langsung ke Jerman juga bagus kok jika alasannya jaringan yah.

Tapi klo alasannya NON Teknis seperti shock culture dan yang seperti itu maka iya aku pilih dia sekolah S1 di Indonesia.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

FR

Jerman Top no: 1 untuk Mahasiswa Internasional menurut BBC
http://www.bbc.com/news/business-12610268

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s