Ayo Kuliah di Jerman dan jangan kembali ke Tanah Air!


IASI

Ada 400 Perguruan Tinggi di Jerman yang semuanya kualitasnya Amat Bagus atau Bagus Sekali. Silahkan pilih bebas, yang penting bisa diterima dan lulus! Pokoknya ke 400 Universitas Jerman itu kualitasnya PASTI TIDAK AKAN kalah dari UGM, ITB, UI, dan PTN The Best di Indonesia.

Kelebihannya: Kuliah di Jerman GRATIS! Biaya Administrasi (bukan SPP ya) di Jerman itu paling sekitar 750 rebu perak per semester.

Kelebihan lainnya kuliah di Jerman anda benar-benar akan profesional: lingkage industry. Kalau yang ini tidak ada negara manapun mampu imbanginya. Inilah kelebihan paling penting Universitas di Jerman: menjadi SDM Profesional!

Biaya hidup juga relatif murah cuma 500 Euro (atau 7,5 jutaan perak per bulan bisa kurang kalau ngirit) sudah mencakup asuransi kesehatan kualitas amat baik, transportasi publik yang bagus, rumah, dll, dll bahkan anda bisa kuliah sambil kerja yang tarif bayar honornya tidak kecil: sekitar 8 euro (120 rebu perak) per jam. Anda diijinkan bebas per bulan kerja sampai dapat penghasilan sekitar 450 Euro (7 jutaan perak). Di musim liburan bisa bebas kerja full time, dan anda pun bisa magang di Perusahaan yang digaji.

Nah, jika anda lulus dengan nilai baik anda berkesempatan bisa kerja di Jerman dengan gaji awal sekitar 40.000 Euro per tahun alias 600 juta perak per tahun. Sebaiknya anda jangan pulang ke Tanah Air jika anda bisa eksis di luar negeri, kecuali ada alasan penting yang mengharuskan pulang.

Di jaman cybernetics ini Tanah Air TIDAK TERLALU membutuhkan kehadiran phisik anda di tanah air untuk membantu bangsa kita. Ada 250 juta orang di Tanah Air yang bertanggung jawab membenahinya dan anda ndak terlalu banyak gunanya jika gabung dengan mereka. Anda lebih berharga buat tanah air jika tetap di Jerman atau di negara2 maju lainnya: menjadi DIASPORA!

Nah, dengan jadi DIASPORA maka anda membantu Indonesia sebagai Jembatan Penghubung kepentingan Indonesia dengan negara maju tempat anda tinggal. Transfer of Technology, Strategic Alliance, Business Coorporation, Cultural Diplomacy juga sudah pasti Joint Research bisa anda inisiasi untuk kepentingan Indonesia.

Percayalah untuk peran ini TIDAK banyak orang Indonesia mampu melakukannya apalagi yang di tanah air kesulitan akses melakukannya. Di titik inilah peran anda menjadi vital jika puluhan ribu atau ratusan ribu dari anda tersebar di negara2 maju.

Salah satu kunci kehebatan China dan India bisa melakukan banyak lonjatan teknologi karena DIASPORA-nya diluar negeri berperan besar membantunya. Jadi, tetap lah di luar negeri jika memang anda mampu eksis di luar negeri, kecuali anda punya pertimbangan pribadi seperti alasan keluarga atau ikatan dinas misalkan.

Bantu lah tanah air kita dari luar negeri. Tentu saja anda boleh saja lebih baik pulang jika ada kesempatan menjadi Möchmmad Hatta atau BJ Habibie🙂

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

FR

PS.
Bisa juga bergabung di Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia Jerman setelah lulus kuliah. Ini formulirnya: http://iasi-germany.de/member/

2 thoughts on “Ayo Kuliah di Jerman dan jangan kembali ke Tanah Air!

  1. Saya kerja di Eropa selama beberapa tahun setelah meraih pendidikan doktoral di salah satu universitas terbaik di Eropa.
    Saya pulang ke Indonesia karena saya percaya saya bisa memajukan startup Indonesia.

    Pepesan kosong.

    Customer Indonesia : full of shit.

    Investor Indonesia : full of shit.

    Pemerintah Indonesia : full of shit.

    Program 1000 startup pemerintah : kiss my ass.

    Bullshit lah semua.

    Gak ada yang jalan di sini.

    Negeri makelar.

  2. Lebih baik pulang jika berkesempatan menjadi hatta atau habibie. Cukup menarik kalimatnya. Untuk turut menjadikan indonesia lebih baik tak harus tetap tinggal di indonesia. Saya setuju. 😃

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s