Kapitalis Relijius adalah Jati Diri kita saat ini


13906689_1055283377888479_1454406285255352060_n

Kok bisa masyarakat yang amat gemar pakai simbol2 Relijius dalam beragama tapi perilakunya amat rakus dalam menyikat harta dengan halalkan segala cara? Ada paradox yang luar biasa di masyarakat kita.

Sikap masyarakat kita itu amat fundamentalis bahkan cenderung kaku intolerant karena merasa kita penganut agama yang paling kaffah. Orang lain yang berbeda dengan kita akan kita anggap salah bahkan tafir2kan orang lain dengan ayat agama sangat normal banyak dilakukan oleh masyarakat kita. Dengan gampang misalkan banyak dari kita sok paling suci jika berbeda sedikit hanya karena orang ndak pakai Hijab (padahal tafsir ulama tentang jilbab pun beda2) tapi lalu belaga doakan agar orang lain dapat hidayah, seakan dia berJilbab itu garansi berhidayah.

Hanya saat bersamaan masyarakat kita hidup amat materialistis. Mata duitannya luar biasa, tiada lagi nilai gotong royong dan tolong menolong. Semua diukur dengan uang. Parahnya lagi untuk dapat uang itu bukan kerja keras tapi sukanya jadi makelar proyek: ngerjain orang lain dan makan hak orang lain, menjadi pengabdi rente. Greedy dalam mengambil keuntungan dengan menghalalkan segala cara dijadikan keseharian. Jadi benar2 Kapitalis “free fight liberalism” tanpa aturan fair dan tanpa moral.

Hebatnya kedua perilaku ini: Relijius Fundamentalis dan Kapitalis Greedy Pengabdi Rente bisa menyatu dengan harmonis dalam nilai-nilai jatidiri masyarakat kita.

Inilah jatidiri baru masyarakat kita sejak 2 Dekade ini: gabungan Jatidiri Relijius Fundamentalis bersatu dengan Kapitalis Greedy Pengadi Rente. Jatidiri baru yang membuat jatidiri kita dulu yang bhineka dalam kebersamaan, gotong royong, penuh toleran sudah mati suri!

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

FR

One thought on “Kapitalis Relijius adalah Jati Diri kita saat ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s