Islam itu Cocok Berintegasi dengan Eropa!


Jerman
Pesan moralku: buat adik-adik muslim yang saat ini kuliah di Jerman, bergaul dan berintegrasilah dengan temen2 Eropa anda. Jangan selalu bergaul dengan temen2 Indonesia anda dalam kelompok2 halaqoh agama. Jangan percaya dengan doktrin terjadinya pertarungan Gazwul Fikri yang kira2 men-judge jika bergaul dengan mereka (Eropa) maka kita akan menjadi seperti mereka (menjadi tidak Islam).

Mari baca fenomena ini:
Wacana Navid Kermani yang beragama Islam diajukan untuk menggantikan Presiden Jerman Joachim Gauck amat menarik. Sebenarnya Gauck yang Kristen Relijius dan Amat Bijak-Kharismatik amat diinginkan seluruh rakyat Jerman untuk maju lagi. Sayang beliau tidak bersedia. Beliau negarawan yang tidak ambisius. Jadilah, memilih berhenti saat merasa tugasnya selesai.

Tapi nama Karmani yang notabene Islam keturunan Imigran Iran menjadi menarik diperbincangkan sebagai salah satu calon pengganti Gauck sebagai Presiden Jerman. Eropa itu memang menganut pluralisme dan open minded, meskipun sebenarnya dalam hal pluralisme Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika punya warisan ribuan tahun, jauh lebih lama dari pada Eropa. Dalam hal ini kita perlu becermin dari Eropa yang ternyata lebih toleran.

Tentu saja, tetap ada garis keras Eropa Nasionalis (garis keras agama di Eropa tidak dominan) yang menolak Islam. Hanya sesungguhnya nilai2 Eropa dengan nilai Islam banyak irisan persamaannya. Eropa yang dari basis filsofis Yunani, Kristen (dari Timteng), lalu berpadu dengan HAM sesungguhnya tidak banyak beda dalam nilai2 dengan Islam (dari Timteng), juga para pemikir kejayaan Islam terinspirasi pemikiran Yunani yang kemudian balik menginspirasi Eropa sehingga Renaissance.

Itulah sebabnya seorang Islam yang berintegrasi dengan nilai Eropa sesungguhnya akan tetap muslim dan justru membuat dia berkiprah memberi kemaslahatan ke banyak orang. Walikota Rotterdam, Walikota London adalah contoh2nya.

Jadi, jangan khawatir anda tidak akan luntur ke-Islam-nya hanya karena anda berintegrasi dengan mereka. Lihat di Jerman banyak para politikus hebat muslim sangat terintegrasi dengan nilai Barat/Eropa dan tetap muslim. Tentu saja sudut pandang anda akan berubah: karena anda akan semakin kaya melihat perbedaan sikap dan menjadi lebih bijak dalam menghormati kelebihan orang lain.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

FR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s