Gelombang Mudik itu juga terjadi di Jerman


image

Saya, beberapa tahun lalu tentu saja di musim dingin, saat bertepatan dengan perayaan malam natal di akhir pekan harus naik KA ICE —KA tercepat di Jerman secara teoritis bisa mencapai kecepatan 330 km/jam***— dari Düsseldorf ke München sejauh 630 km selama perjalanan 8 jam HARUS berdiri atau duduk di samping WC berdesakan!

Di Jerman pun KA yang biasanya tepat waktu, saat mudik KA bisa terlambat berjam-jam. Pernah mengalami peristiwa pahit: tiba di Köln terlambat 30 menit, di Frankfurt terlambat 1,5 jam, di Wurzburg terlambat 2 jam, di Nürnberg terlambat 2,5 jam dan saat tiba di München terlambat 3 jam! Dari waktu tempuh wajar 5 jam menjadi 8 jam!!!

Ini lah romantika Mudik tidak di negeri sendiri atau di negeri orang: berdesak-desakan dan sering terlambat sampai tujuan…

Selamat mudik buat anda semua. Jaga keselamatan dan kesehatan. Semoga bisa bersilahturahmi dengan keluarga di Kampung Halaman…

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe,
yang kangen dengan romantika mudik lebaran di tanah air…

***jangan kaget meskipun ICE secara teknis bisa berlari 330 km tetapi secara ekonomis kecepatan rata-ratanya yang dipacu jauh dibawah itu, mengingat harus memperlambat kecepatannya setiap mau masuk stasiun, di track yang curam pun tidak akan melajut cepat, dll.

Tinggalkan komentar