Ritual Mistikus Beragama: Mudik



Ritual Mistikus Beragama: Mudik

Ritual Mistikus Ramadhan dan Idul Fitri itu ternyata yang paling indah itu di Indonesia. Ada 2 alasan yang membuat itu amat sangat indah: (1) alasan Anugerah Alam dan (2) Alasan Tradisi Budaya.

Dikarenakan kita di Khatulistiwa maka Puasa Ramadhan itu amat pas sekali. Kita berpuasa per hari sekitar 14 jam menahan lapar. Ini amat pas dengan kondisi phisik manusia sehingga kita bisa berpuasa penuh 1 bulan dengan produktifitas tidak terlalu jauh berubah. Jadinya, saat selesai Ramadhan ada kemenangan spiritual yang membahagiakan pada kita yang laksanakan puasa Ramadhan 1 bulan penuh.

Anugerah ini tidak di dapat jika tinggal di bumi Belahan Utara misalkan. Saat bulan Ramadhan jatuh pada musim Winter maka puasa terasa terlalu ringan bahkan pernah dari (kayaknya klo ndak salah) dari jam 8 pagi sampai dengan jam 4 sore. Ringan bangen sehingga saat Lebaran ra kerasa kemenangannya karena terlalu mudah.

Hanya saat Ramadhan jatuh di bulan Summer tantangannnya terlalu berat sekali. Puasa sampai 20-21 jam. Ini benar-benar membuat luluh lantak dan terlalu lelah. Akibatnya, puasa menjadi amat sangat berat sekali jika 1 bulan penuh dengan produktifitas terjadi. Akibatnya mudah bobol untuk mampu 1 bulan penuh puasa. Akibatnya, sering kali saat lebaran ndak merasa „menang“.

Selain itu asyiknya di Indonesia itu adalah RITUAL KULTURAL MISTIS Pulang Kampung. Jutaan orang Bersama-sama pulang kampung berlebaran. Terlepas dengan macet dsb, ini menjadi ritual mistis yang amat indah. Hanya di Indonesia ada ritual massal yang penuh msitis seperti ini massifnya.

Di Jerman juga ada ritual pulang kampung saat mau Natalan. Hanya ini tidak massif. Pulang kampungnya adalah orang-orang yang kerja di luar kota pada pulang ke keluarganya yaitu anak-istri di rumah.

Klo di Indonesia pulang kampungnya adalah satu keluarga meninggalkan kota Jakarta secara bersama-sama jutaan untuk bertemu keluarga besarnya di kampung. Jadilah cerita pulang kampung dengan segala romantikanya menjadi cerita yang indah yang kita nikmati tiada habisnya.

Inilah indahnya Ramadhan dan Berlebaran di Indonesia yang aku rasa ini hanya UNIK adanya di Indonesia.

Masih Suasana Lebaran: Selamat Idul Fitri buat semua. Bagi yang arus balik mudik mohon hati-hati di jalan. Bawa bekal cukup serta istirahat jika sudah lelah nyetir. Jangan sampai suasana bahagia menjadi tragedi.

Sesampai di Ibukota semoga datang dengan suasana dan spirit baru yang lebih segar.

#dariTepianLembahSungaiIsar

Ferizal Ramli

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s