Kuliah di Yogya…, dan Sekitarnya (Bagian-8: Untidar)


Kuliah dimana anak anda jika anda tinggal di sekitar Yogyakarta? (Bagian-8)

Untidar

Universitas Tidar Magelang adalah PTN Baru dari hasil transformasi PTS. Meskipun sebagai PTN Untidar itu baru „seumur jagung“, sesungguhnya Untidar berdiri sudah hampir 40 tahun. Saat ini Untidar memang jumlah mahasiswanya relatif sedikit yang terdiri dari 5 Fakultas, hanya saja rencana pembangunan Untidar amat ambisius dan massif. Tidak Cuma dalam rencana, dalam implementasi baru 3 tahun jadi PTN Untidar sudah berlari dalam mencatat kemajuan.

Sejak menjadi PTN jumlah mahasiswa Untidar meningkat berlipat, peminat Untidar pun naik drastis. Saat yang sama jurusan-jurusan baru dibuka. Tahun 2017 ini saja ada 5 Program studi baru dibuka. Rencana ke depannya Untidar akan menambah 6 Fakultas baru dari 5 fakultas yang ada saat ini. Untidar saat ini punya FE, FKIP, FISIP, F Pertanian dan FT. Ke depan Untidar akan membangun fakultas baru yaitu: Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Peternakan.

Kecepatan pembangunan Untidar itu seperti berlari sprint. Penambangan fasilitas infrastruktur, laboratorium, pembangunan gedung perkuliahan baru, penambahan jumlah mahasiswa serta penambahan peminat, pembukaan jurusan baru serta fakultas baru menjadikan Untidar sebagai salah satu universitas yang tumbuh amat cepat dan innovatif.

Jadi melihat Untidar 3 tahun lalu di 2014 saat pertama kali jadi PTN, dengan hari ini banyak sekali perbedaannya, serta Untidar 5 tahun lagi akan amat jauh lebih maju dari pada hari ini. 5 tahun ke depan sangat mungkin rencana Untidar untuk kembangkan fakultas-fakultas baru sudah terwujud.

Hanya apa sesungguhnya keunggulan Untidar dibandingkan dengan PTN lainnya? Sebagai pembeda Untidar dengan universitas lainnya, Untidar menempat spirit „Wirausaha“ sebagai kekuatan dalam proses belajar mengajarnya. Misi Untidar menjadi universitas terdepan membangun wirausaha menjadikan para alumni Untidar dibekali softskill wirausaha sehingga saat lulus kelak punya kemampuan wirausaha.

Bagi para calon mahasiswa baru Untidar adalah alternatif baik untuk pilihan studinya. Dengan jejak rekam pembangunan yang amat akseleratif, membuktikan Untidar adalah universitas yang punya misi kuat membangun reputasi dan mutu. Jadi, tidak perlu ragu menjadikan Untidar sebagai pilihan studi untuk membangun masa depan. Program-program studi yang ada saat ini cukup marketable untuk jadi pilihan studi yang dibutuhkan industri dan pasar kerja.

Kota Magelang sendiri adalah kota yang amat indah, nyaman dan asri. Ini adalah kelebihan tersendiri kuliah di Magelang yang ingin nyaman belajar dan jauh dari hiruk pikuk kota besar. Meskipun bisa saja dianggap sebagai kekurangan bagi Untidar, karena bagaimana pun Magelang terletak kita 40 km dari Yogyakarta. Magelang bukan lah Yogyakarta sehingga tinggal di Magelang tidak akan merasakan semaraknya tinggal dalam suasana Kota Pelajar Yogyakarta.

#dariTepianLembahSungaiElbe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s