Kuliah di Yogya…, dan Sekitarnya (Bagian-6: STTN Batan)


Kuliah dimana anak anda jika anda tinggal di sekitar Yogyakarta? (Bagian-6)

STTN Batan

Apa yang terpikir oleh kita saat mendengar kata „Nuklir“? Bom Atom kah? Bukan, bukan itu!
Kajian Teknologi nuklir itu spektrumnya amat luas. Teknologi nuklir itu dibutuhkan oleh industri dan masyarakat. Para ahli teknologi nuklir dibutuhkan misalkan saja oleh industri energi, industri kesehatan juga di Rumah sakit terkait dengan kedokteran nuklir (ronsen, radioterapi, pengobatan kanker, dll), industri pengolahan kertas, industri makanan, industri perminyakan atau pertambangan, dsb.

Di Indonesia Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Batan (STTN Batan) dan Teknik Nuklir FT UGM adalah satu dari sedikit institusi pendidikan terkait dengan teknologi nuklir. Kedua institusi ini punya reputasi terhormat sebagai institusi yang mencetak ahli-ahli di bidang nuklir di Indonesia. Bedanya, Teknik Nuklir FT UGM menghasilkan lulusan S1 sementara STTN Batan menghasilkan lulusan D4 (Sarjana Terapan).

STTN Batan adalah Perguruan Tinggi Kedinasan Berstatus Negeri. Tradisi institusi ini sudah relatif lama sekitar 30 tahunan yang awalnya bernama Pendidikan Tinggi Ahli Teknik Nuklir (PATN) yang dulunya membuka Program D-3. Saat ini STTN hanya memiliki jenjang Program D4 (Sarjana Terapan) menyesuaikan dengan kebutuhan industri yang membutuhkan para sarjana yang punya orientas praktek yang kuat. Saat ini STTN Batan memiliki 3 Jurusan untuk jenjang Program D4 yaitu D4 Teknofisika Nuklir – Elektronika Instrumentasi, D4 Teknofisika Nuklir – Elektromekanika dan D4 Teknokimia Nuklir.

Kelebihan STTN Batan ini adalah didukung oleh fasilitas praktek yang kuat. Di komplek kampusnya terdapat 1 dari 3 reaktor nuklir di Indonesia. Ini kesempatan langka bisa belajar teknologi nuklir d reaktornya langsung serta diajari oleh para praktisi yang terlibat langsung dalam teknologi nuklir. Jadi para mahasiswanya bersentuhan langsung dengan laboratorium reaktor nuklir. Para mahasiswa berkesempatan langsung untuk belajar dan praktek atas ilmu yang mereka pelajari.

Setelah studi selesai, para lulusannya bisa berkarir di berbagai industri baik secara kedinasan di Batan atau lembaga riset lainnya seperti BPPT, LIPI, dll atau pun bekerja di Rumah Sakit, Perusahaan Minyak/Tambang, Perusahaan listrik/PLN, Perusahaan Makanan, Perusahaan Energi, dll. Khusus untuk industri energi nuklir seperti Power Plant saat ini di Indonesia tidak ada sehingga jika tertarik berkarir di bidang ini harus „go international“.

#dariTepianLembahSungaiElbe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s