Kuliah di Yogya…, dan Sekitarnya (Bagian-5: UIN Suka)



Kuliah dimana anak anda jika anda tinggal di sekitar Yogyakarta? (Bagian-5)

UNI Suka

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) adalah satu dari 2 premium Universitas Islam Negeri di Indonesia. Bersamaa dengan UIN Syarif Hidayatullah (Sahid) Jakarta, UIN Suka adalah UIN terbaik dan menjadi trend setter baik untuk UIN, IAIN dan STAIN lainnya. UIN Suka dan UIN Sahid lah sebagai dulunya IAIN yang pertama kali bertransformasi menjadi UIN dengan misi mensinerjikan antara Ilmu Agama (Islam) dengan ilmu umum.

Kombinasi dengan mensinerjikan antara ilmu agama dan ilmu umum menjadikan UIN Suka menkreasikan jurusan-jurusan yang inovatif yang dibutuhkan pasar kerja dan industri seperti Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Manajemen Keuangan Syariah, Akuntansi Syariah, Manajemen Pendidikan Islam, dll. Sinerji antara Ilmu Agama dan Ilmu Umum ini saat ini amat dibutuhkan di pasar kerja dimana banyak aktivitas ekonomi dan industri di Indonesia terkait dengan sistem ekonomi Islam seperti Bank Syariah, Sistem Investasi Syariah, dsb.

Jurusan-jurusan diatas tadi adalah keberbedaan dan keunikan yang hanya bisa ditawarkan oleh UIN Suka yang tidak bisa ditawarkan oleh perguruan tinggi yang bersifat umum seperti UGM, UPNVY, UNY dan lainnya. Kombinasi kajian Ilmu Islam dan Ilmu umum ini benar2 kekuatan kompetitif dari UIN dibandingkan PTN lainnya. Ke depan peluang UIN Suka (bersama UIN Sahid) untuk menjadi Universitas Top masuk dalam jajaran Top PTN seperti UGM, UI, Unpad, Unair, Undip, dll amat mungkin. Dikarenakan UIN Suka punya keunggulan kompetitif yang tidak dipunyai oleh PTN umum yaitu Kombinasi Ilmu Agama dan Umum.

Selain sinerji antara ilmu agama dan ilmu umum, UIN juga menawarkan program-program baru yang bersifat umum yang biasa ditawarkan oleh PTN lainnya demi untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat. Program Informatika, MIPA atau Ilmu Sosial lainnya bisa dipilih di UIN sebagai alternatif pilihan bai calon mahasiswa baru. Seperti umumnya jurusan di perguruan tinggi manapun maka tidak semua jurusan marketable. Jadi para calon mahasiswa baru pastikan jika memilih jurusan tahu persis prospek masa depannya serta yang lebih penting lagi mencintai jurusan yang dipilihnya.

Tentu saja kekuatan paling nyata dari UIN Suka adalah tawaran pendidikan yang terkait dengan ilmu-ilmu agama. UIN Suka untuk kajian klaster ilmu agama adalah salah satu Universitas terbaik di Indonesia. Para pemikir dan ahli agama di Indonesia banyaknya jebolan dari UIN Suka. Disaat yang sama kebutuhan masyarakat akan akademisi yang ahli dalam ilmu agama amat besar dikarenakan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil disaat sama Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia.

Persoalan masyarakat tentang „Haram-Halal“ untuk industri makanan, penyelesaian sengketan hukum waris Islam, hukum keluarga dalam Islam, manajemen pendidikan di sekolah-sekolah Islam, hukum muamalat, maupun dakwah dan syiar Islam, dsb, dsb membutuhkan para ahli. Kebutuhan masyarakat akan para ahli yang mengerti agama dan ilmu umum dicetak oleh UNI Suka. Bagi para lulusan Madrasah Aliyah atau SMA Islam (tentu saja tetap terbuka bagi lulusan SMA Umum), UIN Suka merupakan institusi paling ideal sebagai “Kawah Chandradimuka” untuk menjadi intelektual-intelektual Islam terdepan di Indonesia.

Terakhir yang perlu dicatat; sama seperti UGM dan UNY, fasilitas infrastruktur bangunan di UIN Suka amat maju pesat. 20 tahun lalu, bangunan-bangunan di UIN Suka amat “miskin” sentuhan modernitas dan kemegahan serta miskin perawatan. Saat ini bangunan-2 di UIN Suka megah yang menandakan dana UNY untuk pembangunan infrastruktur phisiknya cukup besar untuk menunjang proses belajar mengajar yang memadai.

#dariTepianLembahSungaiElbe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s