Dunia Barat, Amerika dan Indonesia


Dunia Barat, Amerika dan Indonesia

Dulu sebelum saya ke Eropa, saya pikir Barat itu 1 yaitu Amerika dan Eropa itu sama. Sekarang saya baru tahu bahwa Barat itu tidak homogen. Amerika itu TIDAK sama dengan Eropa. Di Eropa sendiri antara Eropa Utara seperti German Speaking Countries, UK & Irland, Benelux dan Skandinavia, dengan Eropa Selatan serta Eropa Timur ternyata beda sekali secara kultur dan mindsetnya.

Secara Sistem Ekonomi maka justru Indonesia tampaknya itu lebih dekat sistem “free fight liberalism”-nya Amerika dibandingkan Amerika dengan Eropa yang amat sosialis.

Secara value materialistis Eropa itu malah amat beda dengan Amrik. Amrik amat materialistis mirip Indonesia. Solidaritas masyarakatnya untuk berkorban demi membangun jaring2 sosial relatif tidak ada.

Masyarakat Eropa terbiasa membangun masyarakat yang kolektif dalam jejaringan sosialis sehingga tidak ada orang yang melarat sekali karena mereka saling subsidi.

Secara Pamer. Orang Eropa itu relatif TIDAK pamer. Kota-kota Eropa adalah kota2 yang warisan leluhur mereka yang mereka jaga terus yang kesannya sederhana. Hanya support system untuk kehidupan kotanya yang amat sangat bagus.

Kota-kota besar Amerika itu mirip kota Jakarta. Gedung tinggi-2 megah dan terkesan sekali grandeur. Tapi klo sudah masuk ke kotanya maka sumpek! Kriminal dimana2. Kota menjadi lembah belantara yang menakutkan. Jadi cuma PAMER gedung hebat doang, kualitas hidupnya buruk.

Kayaknya ini khas OKB (Orang Kaya Baru), punya rumah bagus tapi life style-nya tidak beradab.

Dari begitu banyak hal, saya sampai mikir bahwa Barat itu berbeda-beda kok. Dalam banyak hal Amerika itu mungkin lebih mirip Indonesia dari pada Amerika ke Eropa.

Tampaknya value dan sistem yang ada di Indonesia satu cluster dengan Amerika. Bedanya Indonesia dan Amerika itu adalah: Amerika adalah contoh terbaiknya, dan Indonesia adalah salah satu contoh terburuknya untuk sebuah sistem dan value yang keduanya sama.

#dariTepianLembahSungaiElbe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s