Bukan Bangsa NATO!


Bukan Bangsa NATO!

NATO: Not Action Talk Only itu bukan tipikal bangsa kita. Kita itu malah too many actions without preparation and calculation!

Dikarenakan masyarakat kita itu miskin literarasi maka sering kali mereka ndak bisa membedakan antara Pengetahuan Populer dengan Teori, Konsep dan Hasil Riset.

Banyak orang pikir bahwa kita terlalu banyak berteori dan berseminar tapi tanpa aksi. Padahal ini terjadi akibat kesalahan assessment karena miskin literasi.

Harusnya kita tahu para “Pakar” (biasanya sih mereka belum teruji Pakar) yang presentasi di seminar itu umumnya cuma “dongeng” pengetahuan populer. Tetapi karena masyarakat kita miskin litearsi maka mereka “overvalued” seakan itu omongan “Pakar” yang menguasai masalah dan sedang mengajukan “teori” hebat. Ini penilaian “overvalued”.

Dikarenakan cuma level pengatahuan populer maka tentu saja itu cuma kertas2 seminar belaka yang tidak feasible untuk diimplementasikan. Lalu numpuklah itu hasil seminar2 di masyarakat kita. Lalu muncul lah PAMEO bahwa kita itu NATO, cuma bisanya berteori di Seminar. Nah, perlu saya tekankan bahwa ini cara menilai yang SALAH karena keterbatasan literasi.

Yang benar itu justru kita itu bangsa yang terlalu banyak aksi tanpa teori jadinya penghambur2an biaya, disertai kerusakan lingkungan serta cost sosial lainnya bahkan banyak yang sudah dibuat ternyata tidak memberi manfaat.

Yang harus diperbaiki adalah: Para Pakar klo seminar harus berani memaparkan teori, konsep dan hasil riset atas sebuah hal secara mendalam. Bukan level pengetahuan populer. Lalu saat bersamaan para panelis juga harus punya kapasitas yang sama untuk mengkritisi dari berbagai sudut pandang.

Jika tradisi ini dilakukan maka kebijakan2 publik kita akan berangkat dengan teori, konsep dan berbasis hasil riset yang teruji.

Kita itu bukan bangsa NATO. Kita itu bangsa sembrono yang asal aksi tanpa konsep, teori dan riset yang teruji.

#dariTepianLembahSungaiElbe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s