Pendidikan Indonesia yang Kapitalis!


Kenapa Uang Kuliah di PTN kita jauh lebih mahal dari pada uang Kuliah di Universitas Negara “Kapitalis?”

Lihatlah link ini ternyata negera-negara Eropa itu biaya pendidikannya jauh lebih rendah dari pada negara Indonesia yang konon khabarnya kita itu negara yang berekonomi Kerakyatan 🙂

https://www.cekaja.com/info/daftar-negara-yang-punya-kebijakan-sekolah-gratis/

“Salah Paham Tentang Negara Ekonomi Kapitalis”

Hampir semua orang Indonesia berpikir negara2 barat itu sistem ekonominya kapitalis. Itu wajar karena Dosen FE di Indonesia mengajarkan seperti itu. Sebuah salah mindset yang jamak pada dosen2 FE di Indonesia tentang semua negara barat itu kapitalis, dan salah mindset ini di-transfer ke mahasiswa2nya.

Mari kita lihat Eropa:
Dulu saat saya masih di Indonesia belasan tahun lalu, saya pikir Eropa itu Kapitalis. Tapi tampaknya saya perlu koreksi. Secara umum Eropa lebih condong ke sistem ekonomi sosialis dimana solidaritas sosial melalui pajak tinggi didistribusikan dalam membangun jaringan sosial: Pendidikan, Kesehatan, Fakir Miskin dan anak2 terlantar, dll mereka jalankan secara konsisten ditanggung negara.

Selain itu struktur pasar serta harga pasar sering kali diintervensi oleh negara. Negara mengatur pakai tarif misalkan harga jasa kesehatan, jasa pendidikan, harga kebutuhan pangan, dll. Jadinya, mekanisme pasar tidak bisa berjalan secara bebas: Negara mengintervensinya! Jadi jangan kaget harga sembako di Jerman seperti Beras, Kentang, Ayam, Telur, Susu, Sayur Mayur termasuk Buah2an lebih murah dari pada di Indonesia.

Jerman itu jelas BUKAN negara Kapitalis. Jerman Speaking Countries itu negara Sosialis. Selain itu Skandinavia juga negara Sosialis. Di Jerman memang kita SULIT jadi kaya, tapi di Jerman masyarakat nyaris semuanya sejahtera atau minimal hidup layak!
Sebutan untuk sistem ekonominya adalah sistem Ekonomi Pasar Sosial.

Bagaimana dengan Eropa lainnya?
Perancis sendiri terkenal dengan sistem solidaritas sosialnya.
Benelux menganut sistem hibrid antara sistem sosial Eropa kontinental berpadu dengan sistem kapitalis khas bangsa pedagang.
UK sendiri juga berada ditengah2 antara sistem Eropa Kontinental yang sosialis dengan sistem Amerika yang Kapitalis.

Jadi, ini amat berbeda dengan literatur2 Ekonomi jika anda membaca dari penulis “negara kapitalis” Amerika yang umumnya jika kita baca seakan kita langsung tergiring bahwa seluruh negara barat itu Kapitalis!

Hanya bagaimana dengan posisi negara Anglo Saxon lainnya (Canada, Australia, New Zealand), Asia Timur, Asia Selatan, Timteng, ASEAN, Latin Amerika dan Afrika? Dimana sesungguhnya posisi mereka? Ini mungkin diskusi yang menarik.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Iklan

One thought on “Pendidikan Indonesia yang Kapitalis!

  1. Indonesia bukan negara kapitalis,tapi super kapitalis……

    Kebutuhan dasar manusia seperti Sembako, Healthcare, perumahan dan pendidikan diatur oleh pemilik modal, pemerintah hanya bisa memajaki rakyat saja.

    Kemarin saya tanya Uang Pangkal TK 75 juta…. dan iuran bulanannya 5 juta sebulan!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s