Hebatnya Sekolah Kejuruan Jerman!


arbeitsweise-der-duales-system-deutschland-gmbh

Kepikir ndak di Indonesia jika anda Insinyur lulusan UGM atau ITB, UI, IPB, ITS, atau lainnya, saat lulus sarjana maka anda ngulang lagi ambil STM (kalau sekarang namanya SMK) ?

“Amit-amit deh!, mana mungkin lulusan Sarjana dari PTN Top seperti itu kok ambil SMK lagi?!”, pasti itu yang anda bayangkan. Suatu hil yang mustahal!

Hanya hal seperti itu di Jerman sering kita temui. Banyak yang sudah lulus Universitas (sekali lagi Universitas yah bukan Fachhochschule/Politeknik atau bukan Berufsakademie/Dual-System) yang nota bene itu universitas kelasnya World Class Univesity jauh lebih prestisius dari Top PTN yang kita miliki, lulusannya bersedia untuk ambil level SMK lagi yang dikenal Program Ausbildung!

(Tentu saja waktu tempuhnya ambil SMK-nya lebih pendek)

Kenapa kok mereka mau?
Jawabnya: Dikarenakan Program SMK di Jerman baik yang Ausbildung maupun Duale-System itu memberikan pengalaman kerja nyata dan profesional di industri. Saat lulus mereka mendapatkan sertifikat kompetensi dari lembaga prestius IHK (semacam KADIN-nya Jerman) dan sertifikat itu dihargai oleh semua Industri di Jerman bahkan di Eropa.

Jadi, secara kesuluruhan ada kira-kira 55%-70% (tergantung trend) lulusan Jerman itu adalah lulusan SMK!

Berangkat dari sistem vokasi yang hebat ini maka German Speaking Countries plus Netherland dan Scandinavia merupakan negara yang tingkat pengangguran anak mudanya rendah: dibawah 5%!

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Ferizal Ramli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s