Benarkah Belajar B. Arab itu sulit?


bahasa

Hasil penelitian British Council mengatakan bahwa ada 8 B. Asing Penting buat orang Inggris yang salah satunya perlu dipelajari yaitu: B.China, B. Arab, B. Spanyol, B. Jerman, B. Portugis, B. Rusia, B. Perancis dan B. Jepang. http://www.k-international.com/blog/learn-a-language/

Menariknya bagi Britsh Council UK maka Bahasa yang sulit dipelajari adalah: B. China, B. Arab dan B. Jepang. Sementara B. Rusia dianggap medium. Selain itu B. Jerman dianggap agak mudah sementara B. Perancis, B. Spanyol dan B. Portugis dianggap mudah untuk dikuasai.

Bagiku ini menarik, dikarenakan saat belajar B. Jepang dan B. Jerman, aku merasa kesulitan menguasai B. Jerman dari pada B. Jepang (catatan: yang kupelajari B. Jepang itu memang diluar Kanji, yaitu cuma kosakata, gramatik, hiragana dan katakana). Hanya aku merasakan aku bisa menelaah lebih mudah B. Jerman yang kuanggap tata bahasanya relatif mudah.

Dari perbandingan belajar B. Jepang dan B. Jerman tersebut aku lebih kesulitan menguasai B. Jerman apalagi dalam urusan “pengucapan” B. Jerman secara tepat, itu sulit sekali buat lidah orang Asia. Aku sampai ikut training dan terapi di Logopädie yang biasa diberikan pada anak2 yang sulit bicara, agar lidahku kuat mengucapkan B. Jerman. Selain pengucapan, tata bahasa B. Jerman juga amat rumit. Hanya saja menurut British Council justru B. Jepang masuk dalam katagori bahasa sulit buat orang berbahasa Ibunya B. Inggris.

Selain itu ada yang menarik lagi: menurut British Council bahwa B. Arab (MSA – Modern Standard Arabic) amat sulit dipelajari bagi orang yang berbahasa ibu B. Inggris. Ternyata B. Arab itu yang membuat orang Barat bilang sulit adalah huruf, membaca (huruf gundul) dan pengucapannya. Sementara buat Indonesia yang bisa mengaji maka huruf sama sekali tidak masalah. Selain itu bagi orang Indonesia muslim banyak sekali kata-kata Arab yang sudah kita kenal sehingga bukan sama sekali bahasa baru.

Tantangannya pada orang Indonesia adalah di membaca huruf gundul (tanpa fatha, damma, kasra). Bagi orang Indonesia di titik ini perlu serius fokus menguasainya. Kita membaca Quran, hurufnya tidak gundul. Jadi membaca Quran lebih mudah dari pada baca Arab gundul tapi membaca Quran sesuai aturan Tajwid. Nah, aturan ketat Tajwid ini yang membuat membaca Quran secara benar itu sulit yang sampai hari ini aku pun sering saja salah membacanya padahal sudah sejak 10 tahun terakhir mencoba membiasakan membacanya.

Kembali pada membaca huruf Arab gundul. Tampaknya untuk orang Islam Indonesia yang bisa baca Quran relatif tidak susah dibandingkan orang Barat dalam mempelajari B. Arab. Pada kasusku, aku coba dalam 2 hari ini belajar sendiri membaca huruf gundul, nyaris beberapa kata bisa kubaca meskipun kadang tidak sempurna ucapannya, kadang salah tapi banyak juga yang betul. Ini menunjukkan pada orang Islam yang bisa baca Quran jauh lebih mudah dari pada orang Barat belajar B. Arab Modern.

Yang juga amat menarik adalah buat orang Indonesia, perasaan B. Perancis itu sulit sekali. Kita sudah amat gugup melihat penguacapan B. Perancis yang sengau itu. Ternyata menurut penelitian British Council, B. Perancis lebih mudah dipelajari dari pada B. Jerman bagi orang yang berbahasa Ibu B. Inggris.

Yang juga menarik lainnya adalah, dulu saat aku remaja sering dengar orang bilang B. Jerman lebih mudah dari pada B. Inggris. Kata orang-orang B. Jerman itu mudah karena apa yang ditulis maka itulah yang diucapkan. Hanya kelak aku tahu persis pendapat itu amat salah sekali. B. Jerman jauh lebih sulit dari pada B. Inggris. Konon khabarnya secara tata bahasa sesulit B. Arab. Secara pengucapan meskipun B. Jerman itu konsisten tapi sulit diucapkan oleh orang yang berhasa Ibu dari Asia, termasuk Indonesia tentu saja.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

FR

One thought on “Benarkah Belajar B. Arab itu sulit?

  1. Sebagai anak UIN walau jurusan informatika kami belajar bahasa arab sampai 3 semester.. membaca arab gundul kalau sudah tau aturan nya juga gak sulit, hehe.. tapi klw mau bisa berbahasa arab ya harus banyak hafalan kosakata nya.. dan itu yg belum di eksplor😦

    XXXXX

    Wah makasih mas atau mbak atas Tip-nya. Jadi semakin semangat🙂

    Salam

    FR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s