Berani Terima Tantangan Sekolah ke Inggris?!


cima-cga

Kalau anda semua bilang aku itu German minded atau German Oriented maka anda ndak tepat. Iya, aku dididik oleh cara pikir Jerman pernah nyantri di Universitas Jerman, belasan tahun bernafas disini serta berkarir disini. Aku menghormati dengan penuh respek cara berpikir dan bersikap orang Jerman yang penuh Pride dan Dignity.

Hanya aku juga memberikan hormat yang tidak kalah besarnya dengan cara pikir masyarakat dan intelektual Inggris. Aku amat menghormati kehebatan sistem pendidikan mereka yang bagus. Berangkat dari itu aku pun bernafas dengan sistem mereka. Nah, tapi ada 1 kendala besar yaitu biaya! Disini yang aku ingin share untuk jadi altenatif solusi buat anda semua yang ingin sekolah di Inggris.

Pertama, Universitas UK vs Pendidikan Profesi UK
Anda semua itu jika sekolah ke Inggris maka mindset anda cuma kuliah di Universitas. Ini cara pikir yang tidak tepat! Inggris itu amat maju dan terkenal dengan Pendidikan Profesi. Reputasinya terhormat, diakui seluruh dunia serta punya signature CHARTERED yang itu diakusi secara resmi selevel Master bahkan Doktor. CHATERED ini diakui secara formal oleh pemerintah UK serta kompetensinya diakui oleh perusahaan seluruh dunia!

Kedua, Universitas UK
Jika kuliah di universitas di UK itu harus memperhatikan peringkat. Kualitasnya ada yang amat bagus sekali bangettt seperti Oxford dan Cambridge (Oxbridge) ada yang bagus sekali yang tergabung dalam Russel Group, ada yang bagus seperti umumnya standard universitas di UK serta ada yang sedang-sedang saja terutama universitas yang baru berdiri karena hasil transformasi dari Sekolah Vokasi.

Russel Group dan tentu saja Oxbridge pasti bagus. Masalahnya kuliahnya amat sangat mahal sekali, atau jika tidak cukup dana yah terpaksa berburu bea siswa. Sementara yang lain biayanya tidak semahal Russel Group meskipun tetap amat mahal jika dibandingkan Jerman yang gratis. Hanya seperti pameo Jawa: “Jer Basuki Mowo Beo”, ada harga ada rupa! Berbeda dengan Jerman yang hampir seluruh universitasnya kualoitasnya sama, di Inggris jika anda ingin universitas terbaik maka harus berani bayar lebih mahal.

Ketiga, Pendidikan Profesi UK
Nah, ini yang amat penting dan banyak orang Indonesia yang tidak tahu. Di UK Pendidikan Professi itu amat maju dan prestisius. Mereka mewarkan Pendidikan bagi para mahasiswa untuk meraih standard kompetensi tertentu yang dibutuhkan industri. Umumnya para lulusan Pendidikan Profesi di UK berhak menyandang “signature” dibelakang namanya. Meskipun ini bukan gelar akademis tapi amat prestisius sebagai seorang Profesional dan diakui resmi oleh pemerintah UK setara dengan gelar akademis.

Pendidikan Profesi ini diadakan oleh Assosiasi Profesi di UK yang diakui oleh Pemerintah UK. Setiap Assosiasi Profesi biasanya cuma mewarkan 1 jenis cabang profesi pendidikan.
Misalkan:
Asosiasi Akuntansi Manajemen yah menawarkan pendidikan di bidang akuntansi manajemen.
Asosiasi Keperawatan yah menawarkan pendidikan di bidang keperawatan
Asosiasi Projek Manajemen menawarkan pendidikan di bidang Projek Manajemen

Jadi, tinggal anda pilih mau jurusan apa, lalu daftar ke Asosiasi Profesinya. Silahkan serach ke internet. Link ini bisa membantu anda: https://en.wikipedia.org/wiki/Professional_qualifications_in_the_United_Kingdom

Keempat, Signature Pendidikan Profesi UK
Jika anda ingin ambil Pendidikan Profesi dengan dapat “gelar profesi prestisius” di UK maka yang penting harus anda pilih pastikan Pendidikan Profesi itu memberikan signature “CHARTERED”.

Jadi setelah anda lulus pendidikan ini maka anda akan diganjar sebuah sebutan spesial “Chartered” di belakang nama anda karena anda memiliki kompentesi yang diakui oleh Asosiasi Profesi. Itu garansi jaminan kualitas kompetensi tinggi, diakui dunia usaha serta designation-nya mendapatkan pengakuan setara dengan gelar akademis.

Kelima, Persyaratan Pendidikan Profesi UK
Pendidikan Profesi tidak memberikan prasyarat kecuali lulus level SMA dan bisa B. Inggris lalu tinggal daftar. Siapa pun bisa daftar baik lulusan SMA, lulusan Universitas ataupun yang berpengalaman kerja baik dia punya pendidikan formal atau tidak. Yang membedakannya adalah lamanya jenjang pendidikan yang dilalui. Tentu saja yang lulus SMA tanpa pengalaman kerja butuh waktu lebih lama dari pada yang lulusan Universitas.

Keenam, Lamanya Jenjang Pendidikan Profesi UK
Ada 2 jenjang level Pendidikan Profesi yaitu:
(1) Associate Chartered yang ini selevel S2
Buat lulusan SMA kira-kira dibutuhkan waktu 3,5-5 tahun untuk lulus ini.
Buat lulusan Universitas yang relevan dengan Pendidikan Profesinya maka dibutuhkan sekitar 2,5-3,5 tahun.

(2) Fellow Chartered yang ini selevel S3.
Biasanya bagi yang sudah mendapatkan signature Associate Chartered maka butuh 5 tahun dengan proses tertentu sesuai standard aturan Asosiasi Profesi, maka bisa mendapatkan signature Fellow Chartered.

Ketujuh, Contoh “gelar” yang anda terima setelah lulus misalkan:
ACMA (Associate Chartered Management Accountant) di belakang nama anda untuk kompetensi Akuntan Manajemen
FCCA (Fellow Chartered Certified Accountang) di belakang nama anda untuk kompetensi Akuntansi Keuangan
dll, dll tergantung pada bidang ilmu anda bisa Projek Management, Supply Chain Management, Keperawatan, Teknik Sipil, Perkapaln, dst…

Ketujuh, Cara daftar
Daftarnya amat mudah tinggal ke website Pendidikan Profesi yang diinginkan lalu kirim email ke bidang pendidikannya lalu tanya bagaimana syarat-syarat pendaftaranya. Setelah syarat terpenuhi tinggal register. Biaya resgisternya sekitra 120-150 Pound berlaku selama 1 tahun.

Kedelapan, Kurikulm
Biasanya Pendidikan Profesi memberikan materinya dalam bentuk modul-modul. Untuk lulus Pendidikan sampai mendapatkan “gelar” di belakang namanya umumnya butuh lulus antara 10 sd 20 modul tergantung kebijakan masing2 lembaga Profesinya.

Contoh bentuk kurikulum untuk Pendidikan Profesi Akuntansi Management bisa lihat Gambar di atas.
Terdiri dari 5 modul dasar, 9 modul profesional dan 2 test kompetensi profesional.

Kesembilan, Cara Pembelajarannya
Untuk kuliahnya terdiri dengan banyak cara yang bisa kita pilih secara bebas:
(1) Kuliah langsung klasikal di Inggris ke lembaga Partner yang telah diakui oleh Assosiasi Pendidikan Profesi.

(2) Kuliah klasikal di kelas dengan lembaga partner yang telah ditunjuk oleh Asosiasi di negara tempat kita berada. Jadi tidak harus ke Inggris meskipun bisa juga ambilnya di Inggris.

(3) Kuliah dengan sistem ONLINE Mandiri dari rumah anda kerjakan modul2nya.

(4) Kuliah dengan sistem ONLINE Interaktif dimana akan di-lead atau ada mentor yang membantu anda.

(5) Kuliah dengan sistem Flexible: dimana sistem ONLINE di rumah digabung dengan Workshop ke UK

BIsa juga dengan melakukan kombinasi dari berbagai opsi yang ada.

Kesepuluh, Cara Ujiannya
Ujian dilakukan per modul secara bebas. Jika sudah siap tinggal register ujian lalu ditentukan jadwal ujian dan tempatnya.

Kesebelas, Biaya
Biaya tergantung pada pilihan opsi pembelajarannya. Jika memilih opsi (1) jelas cukup mahal tapi masih lebih murah dari pada kuliah di Universitas UK. Opsi (3) malah amat murah. Paling dibutuhkan anggaran 3.000-4.500 Pound secara total untuk bisa lulus level Associate Chartered dan anda bisa lakukan di rumah yang penting ada internet.

Bandingkan kalau kuliah di Universitas UK jika kuliah per tahun di UK rata-2 12.000 Pound di Bachelor (3 tahun) dan Master 14.000 Pound (1 tahun) maka untuk lulus level master anda butuh 50.000 Pound (kalikan saja 17.500 IDR) itu 865.000.000 hanya untuk biaya kuliah belum biaya hidup yang sama banyaknya dengan biaya kuliah🙂

Bagiku pribadi yang optimal itu opsi (5) yaitu hemat biaya karena online di rumah tapi juga sekali-kali ikuti Workshop ke London UK untuk tatap muka.

PENUTUP:
Jadi kalau anda ingin belajar dan bernafas di sistem Pendidikan UK maka Sistem Pendidikan Profesi dengan designation CHARTERED ini pantas anda pertimbangkan. Tidak harus anda belajar ke UK itu kuliah di Universitas. Anda bisa juga kuliah di Program Pendidikan Asosiasi Profesi UK. Status Prestisius “Chatered” yang diakui dunia usaha dan profesional seluruh dunia serta diakui secara formal setara dengan gelar akademik level Master pada Associate dan Doktor pada Fellow berhak anda sandang.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s