Jujur!


Pelajaran penting dalam kasus Pak Archandra adalah letakan nilai-nilai kejujuran diatas segalanya.

Jadi, adalah penting Pendidikan Indonesia yang telah dirintis Bapak Anies Baswedan beberapa tahun ini: saat Ujian Nasional, yang di-NILAI tidak cuma Peringkat Sekolah bernilai ujian tertinggi tapi juga PERINGKAT SEKOLAH BERINTEGRITAS dan JUJUR yang Tinggi. Kebijakan ini akan membudayakan kejujuran di masyarakat kita sejak dini. Ini kebijakan bagus bagi Indonesia yang harus dilanjutkan terus-menerus. http://www.cnnindonesia.com/nasional/20151222122808-20-99841/indeks-kejujuran-sekolah-memprihatinkan-menteri-anies-ke-kpk/

Bangsa ini didirikan oleh Para Proklamator kita dengan semangat kejujuran. Bung Hatta pernah punya nasehat yang maknanya kira-kira seperti ini: “Kepintaran itu penting tapi kejujuran itu jauh lebih penting!”

Nah, pemimpin-2 Indonesia harus membangun dedikasinya berlandaskan kejujuran. Jika kejujuran landasan berkaryanya maka saat menjabat akan sungguh2 menjalankan amanat untuk mensejahterakan masyarakat kita semua.

Kejujuran memang semakin langka pada nilai-nilai masyarakat kita saat ini. Hanya, tidak boleh menyerah untuk meletakkan nilai-nilai kejujuran sejak dari bangku sekolah. Jangan ijinkan anak-anak kita berperilaku curang.

Beri penghargaan pada anak-anak kita yang berjuang keras mempertahankan kejujuran. Bukan cuma indeks kepandaian itu penting tapi juga indeks kejujuran itu penting bagi generasi muda kita. Mereka lah kelak akan melahirkan pemimpin2 jujur untuk tanah air kita.

Mari kita tutup Drama Tragedi Kewarganegaraan Pak Archandra ini. Doa ku pribadi buat Pak Archandra semoga akan memaknai semua ini dengan Hikmah. Sesungguhnya proses belajar tertinggi itu adalah mengambil hikmah.

Selain itu, sangat mungkin hari ini Pak Archandra berstatus TUNA Warga negara. Sangat mungkin Amrik pun mencabut status WN untuk Pak Archandra. Jika ini sampai terjadi, maka sebaiknya DPR sesuai UU memberikan Rekomendasi ke Presiden RI agar Pak Archandra diberi kembali status WNI sehingga Pak Archandra tidak menjadi tuna warga negara.

Pak Archandra orang hebat, beliau masih punya waktu panjang untuk kembali mendedikasikan karya buat Indonesia kelak.

Bagi kita semua hikmah paling berharga yang bisa kita ambil jika aku boleh memaknai bahwa peristiwa ini sekaligus jadi pelajaran, jangan pernah berhenti berjuang, orang-orang kompeten dan berintegritas tak pernah sepi dari cobaan dan ujian.

Di saat integritas jadi taruhan, Menteri Pendidikan pertama yang mengedepankan integritas dan kejujuran justru diberhentikan. Indeks Integritas adalah warisan yang luar bisa bagi pendidikan di Indonesia. Anies Baswedan jalanmu masih panjang, jangan berhenti berjuang dan jaga terus integritasmu.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

FR

Jujur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s