Perancis! Dari Cinta ke Frustasi…


13659063_1039856062764544_7720861290482437067_n

Dulu aku suka dengan Perancis karena cerita renaissance, cerita tentang Liberty yang begitu menginspirasiku. Aku sempat mau coba2 belajar B. Perancis saat kuliah di Yogya, karena susah ngucapkannya maka aku frustasi.

Lalu saat lulus kuliah ada Pameran sekolah MBA di Jakarta. Aku langsung incar World Class Business School sekedar ngobrol. Ketemu dari Manchester, Birmingham, Lancaster, dll mereka ramah. Ketemu dengan Hitotsubashi Jepang mereka juga ramah, ketemu WHU Koblenz, FH Berlin dan FH Pforzheim Jerman ramah juga. Dari McGill Canada, dari Amerika dan Australian juga ramah.

Lalu kulihat Stand Perancis tertera HEC Paris. Wahhhh, ini Top MBA Perancis nih. Aku ingin ngobrol. Si jaga stand lihat kayaknya aku “ndak bonafied” dari tampilan yaitu mahasiswa kere paling tanya bea siswa maka belum apa2 dia sudah bilang kami tidak sediakan bea siswa. Selain itu TOEFL yang kami minta amat tinggi rata2 590. Jeglek lah aku dengan Perancis.

Lalu saat di Jerman, klo aku ke Perancis baik itu tugas ataupun turis ndak ada orang Perancis yang peduli nolong hanya karena aku ndak bisa B. Perancis. Cuma tersesat di kota Nancy atau Lille atau Metz atau Strassburg atau Paris maka sudah lah susah kita minta tolong. Tidak ada yang nolong saat ndak bisa B. Perancis. Beli tiket KA saat ndak bisa B. Perancis benar bingung, opsi menu Inggris tidak ada, ngomong B. Inggris ndak dilayani. Di Strassburg masih mending klo gaya kita kayak turis Jerman maka Pak Item (Afrika Perancis) penjual dagangan malah ngomong B. Jerman. Mereka selalu pikir orang dari Jerman banyak duit akan beli dagangannya maka dia layani kita berbahasa Jerman.

Paris juga macet dan banyak kriminal seperti Jakarta meskipun lebih buruk Jakarta. Cuma di Jakarta masih banyak orang baik yang nolong anda jika anda punya masalah. Di Paris? Tidak ada yang peduli!

Dari peristiwa2 burukku dengan Perancis maka cintaku pada Perancis berubah menjadi frustasi.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

FR

Tinggalkan Balasan

