Catatan Sukses Universitas Jerman


13680970_10209829231358296_4662644633544786897_n

Biaya kuliah di Jerman itu gratis. Biaya kuliah di UK atau US atau lainnya itu bisa ratusan kali lipat lebih mahal. Contoh biaya kuliah di Imperial College UK (data 2015) per tahun 31,200 Pound setara 540 juta IDR per tahun sementara di Jerman kuliah di LMU München cuma 83 Pound setara cuma kurang dari 1,5 juta per tahun (ingat lho per tahun bukan per semester). Hanya secara rangking (versi Anglo-Saxon UK) nyaris ndak berbeda.

Ini menarik: ternyata dalam 200 besar Top Univesitas dunia, Jerman menududuki peringkat ke-3 terbanyak hanya dibawah US dan UK, tapi diatas Perancis, Jepang, negara Eropa lainnya bahkan diatas negara Anglo-Saxon seperti Australia dan Canada.

Lihat data tahun 2015 lalu, dalam 200 Top Universitas dunia maka: https://www.timeshighereducation.com/…/universities-mainlan…
US punya 56 Universitas
UK punya 34 Universitas
Jerman punya 20 Universitas
Belanda, Australia, Swiss, Kanada, Swedia, Perancis , Jepang, dll berada dibawahnya.

Nah fakta ini ini amat menarik, kenapa?

Rangking Universtas dunia yang selama ini memakai standard Anglo-Saxon yang sama sekali tidak cocok dengan standard Jerman dan Eropa kontinental lainnya (juga tidak cocok dengan Belanda, Swiss, Swedia atau Perancis, dll) juga tidak cocok buat Jepang.

Ini ibarat misalkan menilai buah Jeruk (Anglo-Saxon System) dan Apel (Eropa Continantal System) mana yang lebih baik? Tapi penentuan standard baiknya pakai indikator yang menguntungkan buah Jeruk yaitu “buah lebih baik jika mengandung banyak airnya”. Yah jelaslah buah Jeruk akan dianggap lebih baik dari pada Apel.
Kira-kira seperti itulah sistem pemeringkatan Anglo-Saxon menilai Universitas Jerman.

Coba jika pakai indikator Linkage Industry yang menjadi keunggulan sistem Jerman mana ada Universitas Anglo-Saxon dan dunia belahan manapun bisa imbangi Universitas Jerman? Mungkin hanya Benelux, Skandinavia serta Austria-Swiss yang bisa imbanginnya karena mirip. Jadi, rangking tsb didesain lebih menguntungkan sistem Anglo-Saxon dan di-branding amat apik secara marketing sehingga publik begitu percaya akan akurasinya.

Tapi toh meskipun pakai Standard Anglo-Saxon sekalipun, universitas Jerman (termasuk Belanda) tetap perkasa siap imbangin Universitas UK dalam ranking. Sebagai sesama bukan pakai standard Anglo-Saxon, universitas Jerman rankingnya lebih baik dari pada universitas Jepang atau pun Perancis misalkan bahkan lebih baik dari Universitas Sistem Anglo-Saxon negara maju seperti Canada dan Australia.

Untuk lebih detail tahu beda Sistem Anglo-Saxon dan Eropa Continental silahkan lihat beda antara Universitas Jerman (Sistem Eropa Kontinental) dan Universitas Inggris (Sistem Anglo-Saxon) secara detail di link ini: https://ferizalramli.wordpress.com/…/anatomi-universitas-j…/

.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

FR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s