Kudeta: AU titik kesuksesan Kudeta!


article-2295554-14749C53000005DC-208_634x440

Ini tidak membahas langsung tentang kasus Turki.

Teori legendaris mengatakan Kudeta umumnya akan efektif dilakukan oleh Pasukan Infantri AD dan dibantu oleh pasukan Kavaleri Lapis Baja juga dari AD. Dalam banyak catatan sejarah bahwa AD paling dominan untuk menentukan terjadinya kudeta. Buku-buku literatur tentang Kudeta memang membahas ini.

Hanya dalam konteks negara modern saat ini kudeta yang berhasil harus dapat dukungan dari semua angkatan di militer. Ini bisa dilihat dari Peristiwa “Jamine Revolution” di Timteng bahwa Asaad di Suria dan Khadafi di Libya (sebelum Nato ikut campur) menggunakan Pesawat Pemburu untuk menghancurkan lawan-lawan politiknya yang ingin mengkudeta dia.

Jadi kekuatan AU terutama pesawat-pesawat pemburunya bisa dengan efektif menghentikan pasukan lawan bahkan senjata arteleri berat lawan berserta mobil2 besenjata portabel bisa dihancurkan. Padahal posisi oposisi dengan sayap militernya yang ingin ambil alih kekuasaan di Suriah dan Libia amat kuat sesungguhnya. Jadilah, yang awalnya niatnya kudeta berubah menjadi perang berkepanjangan.

Dalam era modern maka AU terutama skadron pesawat dan helikopter pemburu adalah titik kunci kesuksesan kudeta selain Batalion Kaveleri Lapis Baja. Dimana kedua kekuatan ini berpihak, disitulah yang menentukan berhasil atau tidaknya kudeta.

Bagaimana dengan AL? Dikarenakan AL kuat hanya pada negara2 yang memang lautnya luas maka sering kita tidak anggap AL akan “penting” dalam mendukung kesuksesan kudeta paling tidak jika referensinya negara Timteng, Latin Amerika dan beberapa di Asia. Jadilah dalam referensi sejarah seakan AL tidak dominan dengan kudeta.

AL bisa punya pengaruh menentukan jalannya kudeta jika memiliki pasukan marinir yang kuat. Masalahnya tidak banyak negara yang punya pasukan marinir kuat dan andaikata kuat maka biasanya negara tersebut sudah maju sehingga tidak ada lagi kamus kudeta.

Mudah-mudahan Militer Indonesia tidak akan pernah tergoda melakukan kudeta.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

FR

One thought on “Kudeta: AU titik kesuksesan Kudeta!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s