Sayangi Putri Anda!


kasus-hamil-di-luar-nikah-di-kendal-relatif-tinggi-6fH

“Kok si Bunga jadi pelacur?”, aku terkejut krenyitkan dahiku. Meskipun itu sudah 10 tahun berlalu, aku selalu sesali orang tuanya yang “biarkan” Bunga terjebak disana!

Aku kenal Ibunya bunga sejak aku bocah di tahun 1980-an dulu. Sebut saja Mbakjeng Darmi, cukup cantik dan putih sebenarnya dari keluarga abangan, beragama seadanya. Mbakjeng Darmi kira-kira 13 tahunan lebih tua dariku. Saat aku kelas 3 SD kudengar mbakjeng Darmi pacaran, pacarnya mau ninggalin dia ndak tanggung jawab. Cuma karena Pacarnya PNS Pemda lalu dilaporkan ke atasannya, lalu akhirnya mereka pun nikah. Alhamdulillah pernikahan itu justru membahagiakannya.

Cuma di tahun 2000-an aku bertemu dengan mbakjeng Darmi. Dia tampak dengan tampilan super amat relijius banget paling tidak dari caranya berpakaian, khas banyak orang Indonesia yang dulu2nya abangan kok tiba2 jadi relijius sekali. Dengan senang kusapa mbakjeng Darmi dan tanya anak2nya. Giliran pertanyaan tentang anak putrinya; dia cemberut sama sekali tidak jawab. Yah, sudah aku lupakan dan cari tema lain.

Beberapa tahun kemudian tahu lah aku bahwa anak putrinya yang cantik diusir karena hamil diluar nikah dan ditinggal pacarnya. Mbakjeng Darmi merasa malu dan kejadian ini membuat nama keluarganya rusak maka atas nama moral diusir lah si putri cantik itu. Si putri yang remaja hamil ini pun menanggung beban sendiri. Jadilah, dalam kesedirian beban hidup karena cantik maka dia pun memilih jadi pelacur.

Aku tidak berniat adili siapa2. Aku cuma ingin mengatakan pada anda semua. Jika putri (atau putra) anda salah apapun salahnya itu, anda mungkin amat kecewa. Tapi menghukum mereka dengan penuh kemarahan justru akan semakin menghancurkan masa depannya. Percayalah selama anak anda TIDAK terinfeksi HIV atau tidak Sakauw Narkoba sehingga jejaringan korteks di otaknya rusak maka kesalahan itu bisa diperbaiki bahkan mereka bisa menata hidup lebih baik lagi! Mereka bisa saja menjadi pahlawan2 bagi kehidupan kelak.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

FR

One thought on “Sayangi Putri Anda!

  1. Kasihan. Bagaimanapun kesalahannya, itu adalah anak sendiri, darah daging sendiri.
    Seperti ini orang yang mengaku beragama ???

Tinggalkan Balasan

