Sekolah ke LN


Samurai_actors
Sepupuh mudaku sekolah ke LN. Dia jauh lebih muda dariku. Dengan bangga dia bilang bahwa sekarang dia juga ke LN (seperti aku), sekolah ke Jepang.
Tidak lama kemudian kulihat dia jenggotan, lalu kok tiba2 ada 2 bintik hitam di jidatnya. Katanya sejak di Jepang dia semakin mendalami Islam dan semakin dekat dengan Islam.

Lalu tanya jawab:
Aku: “Kamu nguasai Kanji Jepang?”
Dia: “Ndak!”
A: “Kamu bisa B. Jepang?”
D: “Sedikit-sedikt!”
A: “Kamu baca literatur2 Jepang dari para penulis legendarisnya seperti dari Yamamoto Tsunetomo? atau miyamoto musashi?
D: “Ndak tuh!”

Aku ngekek ke dia. Sambil bilang: “Ngapain dapat bea siswa ke Jepang kok malah belajar Agama Islam disana dan isinya cuma ngitemin jidatmu!”

“Kuliah di Jepang itu yah kamu harus kuasai Ilmu orang Jepang, bernafas dan pahami karakter mereka yang hebat pantang menyerah. Lah bagaimana kamu mau bisa memahaminya jika disana malah belajar agama Islam dari guru yang ndak jelas!”

Aku ngedulem dalam hati bilang begini: “Sayang sekali para intelektual muda kita sekolah ke LN banyak yang malah puber beragama!”

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

One thought on “Sekolah ke LN

  1. Perlindungan dan ketenangan pak.
    Waktu saya sekolah di LN cuman ada dua tipe mahasiswa Indonesia :

    1. Yang sangat religius dan ekslusif (baik dari kristen, Islam). Ini yang introvert, sulit beradaptasi dengan budaya dan masyarakat setempat, mereka merasa nyaman dan sangat diterima rekan-rekan seiman apalagi senegara. Ini yang bertahun-tahun tinggal di negara orang bahasa lokal nggak lancar-lancar kemudian pulang ke tanah air sehari setelah ujian selesai. Biasanya ini adalah mahasiswa yang mendapat beasiswa pemerintah. Biasanya tipe ini kemudian menjadi pejabat tinggi negara, PNS atau staf akademis.

    2. Yang berbaur. Ini orang-orang yang extrovert, liberal, mudah bergaul, mereka bisa dengan mudah berintegrasi dengan masyarakat dan budaya setempat, biasanya mereka bekerja di negara tempat belajar beberapa tahun dan setelah itu kebanyakan jadi eksekutif atau pengusaha di Indonesia atau luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s