Belajar B. Asing!


B. Asing

Tulisan ini kubuat karena terinspirasi dari persoalan Putriku yang duduk di kelas 5 Gymnasium dan akan mengambil B. Asing lainnya selain B. Inggris. Pilihan utamanya apakah akan memilih B. Perancis atau B. Spanyol? (Catatan: dikarenakan Putriku sekolah di Jerman maka B. Jerman bukan katagori B. Asing buat putriku)

Kami hampir pasti memberikan arahan ke putriku (tentu saja keputusan tetap padanya sendiri, meskipun baru kelas 5 dikarenakan dia yang akan menjalankan maka biarlah dia yang putuskan), untuk memilih B. Perancis!

Sekarang kita tinggalkan cerita tentang putriku, mari kita bahas seberapa penting penguasaan B. Asing bagi kesuksesan anda?

Jawabnya tergantung di posisi apa yang anda ingin capai. Jika anda tidak punya kepentingan berinteraksi secara internasional; interaksi domestik Indonesia yang besar adalah kesehariaan anda maka mungkin B. Asing tidak terlalu penting. Waktu dan energi anda bisa diinvestasikan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

Malah pada saat belajar di Kampus Yogyakarta, pengusaan B. Jawa memegang peran amat penting untuk “deal, lobby serta komunikasi”. Bukan cuma itu, malah B. Jawa modal yang baik untuk mendapatkan gadis Jawa yang aiu🙂 Itu sebabnya, meskipun ngoko, aku lancar berbahasa Jawa. “Kulo meniko njih, saget dab boso Jowo!”

Menariknya, temen2ku yang kuliah di Kampus Ndeso dulu di era 1990-an, pada umumnya meskipun pendatang luar Jawa pada bisa B. Jawa ngoko. Hanya, saat kuperhatikan teman2ku dari kampus lainnya di Yogya selain kampus Ndeso, umumnya mereka yang pendatang tidak kuasai B. Jawa. Entah kenapa…

Hanya yang ingin kukatakan dalam konteks lokal, penguasaan B. Daerah seperti Jawa, Minang, Banten, Sunda, Madura, Bugis, Batak, Bugis, Aceh, Papua, Ambo, Bali, dll, …dll… juga tidak ada ruginya tergantung seberapa besar anda berkorban waktu, tenaga dan uang untuk mempelajarinya.

Nah, akan tetapi jika anda berinteraksi secara internasional baik sebagai akademisi maupun ahli, baik sebagai peneliti maupun ekspatriat, baik sebagai pengusaha maupun profesional maka B. Asing adalah penguasaan senjata kunci kesuksesan anda.

Apa B. Asing yang paling penting: Tentu saja B. Inggris! Berkomunikasi apapun terutama di Asia dan Amerika harus bisa B. Inggris.

Hanya kondisinya berbeda di Eropa. B. Inggris tetap B. Penting, hanya dominasi B. Inggris di Eropa tidak sekuat di luar Eropa. Di Eropa ada 3 Bahasa lainnya yang cukup kuat yaitu: B. Jerman, B. Perancis dan B. Spanyol. Selain itu, ternyata ke-3 bahasa di atas; B. Jerman, B. Perancis dan B. Spanyol adalah bahasa terpenting di dunia setelah B. Inggris.

Dalam penelitian majalah The Economist, ada kenaikan tambahan gaji bagi pekerja (yang berbahasa Ibu-nya B. Inggris baik orang Inggris maupun Amerika) yang menguasai bahasa lain selain B. Inggris. Keuntungan lainnya juga peluang masuk dunia kerja dan peningkatan karir semakin besar.

B. Jerman adalah bahasa yang paling penting untuk mendapatkan peluang kerja, meningkatkan karir dan tambahan gaji anda di dunia internasional setelah B. Inggris. Karakter negara Jerman sebagai negara Industri dengan Pusat Perdangangan Eksport-nya ke seluruh dunia, membuat B. Jerman punya nilai ekonomis tertinggi setelah B. Inggris.

Berikut ini menurut penelitian 5 B. Asing yang terpenting selain B. Inggris diurutkan menurut peringkat http://www.lifehack.org/379707/5-languages-that-will-earn-you-the-most-money, yaitu:
1. B. Jerman
2. B. Perancis
3. B. Spanyol
4. B. Cina
5. B. Arab
Bahasa tersebut dianggap memberikan nilai penting dalam konteks global dunia. Artinya terkait dengan pemakaiannya di Eropa, Amerika, Asia dan Afrika secara umum.

(Catatanku pribadi: Aku berkeyakinan dalam konteks orang Indonesia maka B. Jepang dan B. Korea juga amat menguntungkan untuk dikuasai).

Yang terpenting kuasai salah satu dari B. Asing diatas sampai level “fluent in speaking and writing!”. Jangan setengah2 menguasainya! Jika setengah2, tidak banyak gunanya kecuali cuma untuk pergaulan sosial saja. Hanya jika anda bisa kuasai sampai “Advanced Level”, barulah orang respek dengan kemampuan Bahasa anda.

Nah buat anda yang ingin belajar B. Inggris dan B. Jerman, ini tulisanku sebagai saran untuk belajar kedua bahasa ini:
1. Berapa lama untuk Belajar Bahasa Asing? https://ferizalramli.wordpress.com/2015/04/27/berapa-lama-untuk-belajar-bahasa-asing/

2. Buku terbaik Belajar B. Jerman dan Link Online Gratis Belajar B. Jerman dari Elementary Level hingga Advanced Level. https://ferizalramli.wordpress.com/2015/04/07/buku-terbaik-belajar-b-jerman/

3. Buku Terbaik Belajar B. Inggris dan Link Online Gratis Belajar B. Inggris dari Elementary Level hingga Advanced Level. https://ferizalramli.wordpress.com/2015/11/14/buku-terbaik-belajar-b-inggris/

Selamat belajar B. Asing buat anda semua.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s