Indonesia dan Islam


Apakah bangsa Indonesia akan maju? Amat mungkin! Meskipun kita masih punya persoalan besar dengan korupsi saat ini; dari mulai ORBA sampai dengan hari ini belum terselesaikan, hanya secara umum kita berada dalam track yang benar.

Infrastruktur diperbaiki, sistem kesehatan diperbaiki, sistem pendidikan diperbaiki, transportasi publik diperbaiki, korupsi terus diperangi. Meskipun masih banyak kelemahan, masih banyak kritik ke arah sana tapi Indonesia sebagai bangsa berada dalam track yang benar. Tugas selanjutnya adalah melakukan semua itu dengan percepatan!

Apakah Masyarakat Islam dunia akan maju? Nah itu masih menjadi pertanyaan besar. Bagi banyak masyarakat muslim, seringkali kekerasan menjadi alat perjuangannya, intoleransi dimana-2. Kemunduran masyarakat muslim tidak terelakkan karena saling bunuh di antaranya merajalela. Kebodohan dan kemiskinan dan kemunduran nyaris merata. Korupsi mereka pun amat massif.

Negara-2 besar Islam hanya Indonesia, Malaysia, Turki dan Iran yang cukup berada dalam track baik pembangunannya. Mesir dan Pakistan masih punya persoalan dengan stabilitas politiknya. Arab begitu sembrono menjadi salah satu penyebab ketidakstabilan di wilayahnya dengan membuka perang di Yaman dan juga Suriah. Sementara negara lainya berada dalam posisi amat terbelakang.

Masyarakat Islam punya pekerjaan jauh lebih besar karena umumnya mereka tidak “on track”. Mereka masih tercabik-cabik dan terpecah belah di antara mereka sendiri.

Tugas Indonesia sebagai negara muslim mayoritas harus menginspirasi masyarakat muslim dunia. Caranya: Perangi Korupsi ini, apalagi jika yang korupsi pemimpin muslim maka dia harus kita “laknat” rame2 dan jangan pernah dibela. Kita harus marah pemimpin muslim yang korup karena kita sebagai mayoritas paling bertanggung jawab untuk menyediakan pemimpin muslim yang baik dan jujur.

Saat bersamaan dukung pemimpin kita (tanpa lihat latar belakang agama dan ras-nya) yang penting punya jejak rekam bagus untuk membangun infrastruktur, transportasi publik, kualitas jasa pelayanan kesehatan secara merata, kualitas jasa layanan pendidikan secara merata, pemberatasan korupsi serta jangan lupa jadikan Indonesia sebagai contoh masyarakat yang penuh toleransi.

Jika ini sukses kita lakukan maka kelak suatu ketika kita bukan cuma menjadi inspirasi bagi masyarakat Islam lainnya, tetapi juga kita menjadi bukti nyata pada dunia bahwa Islam itu rahmatan lil alamin..

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

12961733_477615952439567_3750768040629167589_n

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s