Mega Skandal Keuangan Dunia: Panama Paper


Panama EN

SZ atau Süddeutsche Zeitung adalah Koran Terkemuka dan Kredibel di Jerman. Suatu ketika, di tahun lalu, mendapatkan informasi tentang skandal penggelapan pajak dan keuangan dari seseorang yang anonymous.

SZ pun memutuskan membuat tim investigasi dan analisa bersama International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ); melibatkan Tim Peneliti dari Offshore Leaks, Lux Leaks, and Swiss Leaks, serta para Jurnalis dari Media terkemuka seperti: the Guardian & the BBC in England, Le Monde in France, La Nación in Argentina,

Di Jerman sendiri SZ mendapat dukungan dari Televisi NDR and WDR serta ORF Austria. Selain itu juga dari Sonntagszeitung in Swiss dan Falter in Austria ikut terlibat.

Sayangnya semua Media Kredibel yang membokar skandal ini adalah Media Barat. Catatan: untuk bahan renungan bahwa profesional dan moral Jurnalis media barat itu memang relatif jauh lebih baik dari pada media non Barat. Mereka punya dedikasi tinggi untuk berjuang melawan skandal dan kejahatan.

Hanya untung lah Tempo dari Indonesia terlibat juga disini. Paling tidak idialism dan profesionalitas kita, diwakilkan oleh Tempo meskipun sangat mungkin peran Tempo tidak signifikan disini.

Lantas apa yang mereka lakukan sehingga media-media kredibel barat ini harus bekerja bersama-2 melakukan investigasi dan analisa?

Jawabnya: Mereka membongkar Mega Skandal Keuangan dan Pajak yang paling mengerikan yang dilakukan oleh Para Politisi dan Pemimpin berbagai negara di dunia, termasuk juga para pemilik dinasti bisnis dan perusahaannya.

Mereka melakukan kejahatan dengan menggunakan bantuan Jasa Biro Hukum Mossack Fonseca di Panama. Nah, catatan2 kejahatan mereka ini ternyata bocor dan dipublikasi oleh SZ. Bocornya dokumen catatan mega kejahatan ini yang akhirnya kita kenal dengan “Panama Paper”.

Cerita dari berbagai kejahatan keuangan dibuka disini, antara lain:
1. Ada 500 Bank di dunia ada dalam catatan skandal ini termasuk 28 bank dari Jerman.

2. Kejahatan Pejabat FIFA serta penggelapan pajak seperti pemain bola Top Messi pun dibahas.

3. Seperempat dari Kabinet Islandia tercatat terlibat dalam skandal ini

4. Pemimpin2 Dunia seperti Putin dan juga dari negara-negara Islam Arab bahkan Presiden Suriah Asad atau Mantan Presiden Iran Ahamdinejad pun ada catatannya.

5. Para Pemimpin2 dunia catatan skandal keuangannya pun terbongkar disini. Lihatlah di gambar jejaring negara2 yang pemimpin2 dari negara tersebut terlibat dalam skandal keuangan menggunakan jasa biro hukum Mossack Fonseca di Panama.

Buat anda yang ingin membacanya silahkan membaca disini:
1. Versi Inggris: http://panamapapers.sueddeutsche.de/en/
2. Versi Jerman: http://panamapapers.sueddeutsche.de/
3. Versi Indonesia: https://investigasi.tempo.co/panama/

Ternyata Korupsi itu memang berkuasa di atas segalanya dan ada dimana-mana: Korruption über alles und überall!

Semoga Indonesia tanah air yang kucintai ini bisa terselamatkan dari rakusnya para penguasa yang menghisap bangsa kita. Semoga saja, dunia ini bisa semakin lebih baik. Tapi entahlah tampaknya ini sebuah harapan yang amat utopis…

Saatnya tenggalam membaca dulu berbagai cerita dari skandal Panama Paper dari SZ ini. Selamat berkarya semuanya semoga anda selalu hanya dan hanya mengambil hak anda saja, yaitu: rejeki yang halal!

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Panama Skand

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s