Kereta Cepat Jakarta-Bandung!


934169_942197592530392_2929957875529267522_n

Sulit untuk coba dipahami jika ada Ekonom yang bilang bahwa Kereta Cepat itu akan rugi. Dari mana bisa datang logika ini proyek rugi? Secara demand harusnya ini proyek untung besar!

Jawa itu Pulau Terpadat di dunia. Jakarta itu salah satu kota terpadat di dunia. Bandung salah satu kota terpadat di Indonesia. Dari mana datangnya logika rugi secara EKONOMI jika buat Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan potensi demand yang raksasa itu?

XXX

Untuk diketahui, Eropa seperti Jerman saja punya jalan kereta jalur ICE (kecepatan teoritis maksimalnya 330 km/jam) meliuk2 ribuan kilometer ke seluruh kota Jerman, dan D-Bahn perusahaan Kereta Apinya Jerman untung.

Contoh: Jalur Frankfurt – Köln sepanjang 153 km bisa “terbang” dengan ICE (saya pernah lihat) 300 km/jam, toh itu ICE untung. Buat ukuran Jerman itu malah amat padat sekali dan penumpangnya nyaris penuh padahal KA-nya bisa 1 jam beberapa kali. Padahal Jumlah Penduduk Frankfurt kira-2 cuma 700 ribu dan penduduk Köln 1 juta.

Bandingkan dengan Penduduk Jakarta hampir 10 juta dan Bandung 2,3 juta. Logika dari mana jika KA Cepat 250-300 km/jam dengan jalur 150 km akan rugi secara ekonomis? Demand-nya jauh lebih besar bahkan amat raksasa dibandingkan demand KA ICE di Jerman. Jika ICE Jerman untung, logika dari mana Jakarta-Bandung dikhawatirkan rugi secara ekonomi?

Catatan: Opini ini cuma bicara sudut pandang Ekonomi.
Jika anda mau kasih sudut pandang tentang aspek sosial, politik, teknologi, silahkan saja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s