UGM adalah Pilihan Pendidikan Terbaik bagi generasi muda di Indonesia…


kampus-ugm-yogyakarta-ilustrasi-_111122192724-111

Meskipun saya bertanya kok bisa UGM yang mencetak 3 Aspek dari 4 Aspek yang ada dengan nilai SEMPURNA, tapi bisa kalah tipis secara total dari ITB? Toh faktanya secara komprehensif UGM lebih baik di penilaian setiap aspek dari pada ITB. UGM hanya kalah di Aspek “Kualitas Penelitian dan Publikasi” dari ITB. 3 Aspek lainnya UGM mencetak angka SEMPURNA.

Dari 4 kriteria penilaian maka 3 diantaranya UGM mencatat angka sempurna atau nyaris sempurna:

1. Kualitas SDM dengan nilai NYARIS sempurna 3,99 sebagai no: 2 terbaik di Indonesia.
Kalah tipis dari IPB sebagai no: 1 terbaik serta UGM diatas ITB yang nilainya 3,93

2. Kualitas Manajemen dengan nilai SEMPURNA 4,00 sebagai no: 1 se Indonesia. Ada 2 instititusi lain yang meraih nilai sempurna juga yaitu ITS dan PENS.

3. Kualitas Kegiatan Mahasiswa dengan nilai SEMPURNA 4,00 jauh diatas Perguruan Tinggi manapun di Indonesia untuk aspek kualitas kemahasiswaan ini. Peringkat kedua dan ketiga untuk aspek ini adalah ITS 2,3 dan U Brawijaya 2,0.

Artinya, di UGM ini menjadi “Kawah Chandradimuka TERBAIK” di negara kita untuk mencetak para generasi muda yang mempunyai Wawasan Pemimpin, Humanis, Kewirausahaan, Penelitian yang notabene sampai saat ini UGM secara tradisi mendominasi PIMNAS dan juga punya mindset sebagai “Global Player” dalam berbagai organisasi dan aktivitas kemahasiswaannya. Para mahasiswa UGM tinggal memilih berbagai kegiatan tersebut sesuai kepeminatannya.

4. Kualitas Publikasi dan Penelitian dengan nilai amat baik yaitu 3,00.
ITB mencetak nilai sempurna untuk aspek ini dengan nilai 4,00 disusul oleh IPB 3,1 dan UGM berada di peringkat ke-3 untuk hal ini.

Jadi, publikasi dan riset di para dosen dan peneliti UGM memang masih perlu digenjot sehingga mendekati sempurna.

Analisa saya pribadi:
1. Secara Umum: Peringkat ini memberi Bobot terlalu besar ke aspek Hasil Riset dan Publikasi.

Ini jelas perlu dipertanyakan karena perguruan tinggi yang di-rangking itu bermacam-macam ada juga Politeknik, Akademi dan Sekolah Vokasi. Buat ketiga institusi tersebut yang berorientasi ke Profesional maka aspek Penelitian dan Publikasi bukan aspek penting sama sekali untuk menentukan kualitas proses dan sistem pendidikan. Bagi mereka yang penting adalah kualitas proses manajemen pendidikan untuk transfer knowledge and know-how! Jadi, kenapa bobot pada aspek ini menjadi begitu besar? Ini TIDAK ADIL buat Program Politeknik, Akademi dan Sekolah Vokasi yang tidak penting bagi mereka di aspek ini.

ITB sendiri amat diuntungkan dengan aspek ini karena mereka tidak punya Program Profesional atau Diploma, semua programnya adalah akademis. Sementara buat Perguruan Tinggi seperti UGM, IPB, UI, Unibraw, UNS, Unpad berada dalam posisi tidak diuntungkan jika aspek ini diberi bobot terlalu besar. Apalagi buat Politeknik seperti PENS Surabaya atau PNJ Jakarta, aspek ini justru berada pada prioritas relatif bawah. Buat UGM sendiri saja, SV UGM punya prosentase kuantitas mahasiswa sekitar 25% dari total UGM. Ini bisa diartikan bahwa 25% dari resources UGM tidak fokus ke Penelitian dan Publikasi karena di Program Vokasi dan Politeknik tidak anggap ini aspek penting.

2. Secara Khusus: UGM merupakan PT yang secara komprehensif terbaik dalam hampir semua aspek. Pemeringkatan UGM di no: 2 lebih pada “keuntungan” ITB mendapatkan point lebih karena aspek pembobotan yang tinggi di aspek Penelitian dan Publikasi. Sesungguhnya di 3 aspek lainnya, ITB tertinggal dari UGM.

Khusus untuk aspek Kualitas Kegiatana Mahasiswa UGM benar-benar amat sempurna. Ini benar2 sisi positif dari UGM yang perlu diperhatikan pada calon pemimpin bangsa ini, para generasi muda yang ingin melanjutkan studi ke Universitas. Aspek ini menjadi amat signifikan karena menjadi bukti bahwa UGM adalah tempat yang tepat bagi para generasi baru untuk belajar dan berproses di kampus ini untuk menjadi pemimpin-pemimpin Indonesia masa depan.

http://ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/hasil_klasifikasi2015.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s