Sesat Nurani bagi yang TIDAK berempatik pada Bom Paris


Republika

Siapa bilang kita bangsa Indonesia tidak mendukung dan berempatik pada Palestina? Kita lah salah satu dari sedikit negara yang mayoritas Islam yang TIDAK membuka hubungan diplomatik dengan Isreal disaat si Erdogan Presiden Turki ketawa cakakak-cekikik berdiskusi kerja sama dengan Israel. Mesir malah menjadikan Israel sahabatnya. Bahkan Arab Saudi dan Isreal malah kerja sama untuk menghacurkan sesama negara Islam. Lihat link ini: http://www.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/15/06/09/npnic1-arab-saudi-dan-israel-siap-koalisi-hadapi-iran

Kita, Indonesia adalah salah satu negara yang pertama mengakui Kemerdekaan Palestina dan membuka Perwakilan Kedutaan Palestina di Jakarta. Jadi kurang apa lagi dukungan kita sebagai bangsa Indonesia buat Palestina? Indonesia secara resmi mengutuk kekejaman demi kekejaman Isreal baik terhadap Palestina maupun terhadap Lebanon.

Indonesia adalah negara yang paling dihormati di Lebanon untuk menjaga Lebanon tetap damai dalam bendera PBB. Kurang apa lagi kita membela dan melindungi masyarakat Lebanon? Kurang apa lagi kita mendukung Lebanon.

Indonesia adalah negara yang menolak untuk menyerang Iraq, saat Koalisis Pimpinan Amerika menyerang Iraq dalam perang Teluk 1 tahun 1991. Dimana para negara Arab dan Islam lainnya di bawah kepemimpinan Amerika membantai negara mayoritas Islam lainnya (Iraq) dalam perang Iraq. Juga dalam perang Iraq ke-2, Indonesia terang2an menentang. Ini adalah bentuk nyata bahwa Indonesia dan rakyat Indonesia tidak suka pembunuhan.

Tidak banyak negara Islam yang konsisten mendukung perjuangan Palestina dan Lebanon seperti Indonesia (padahal Indonesia itu negara sekuler pluralis) tanpa punya kepentingan politik kecuali cuma alasan kemanusian murni!

Indonesia adalah negara yang berhasil menampung para pengungsi manusia Perahu Vietnam sehingga mereka terlindungi dari kejamnya perang Vietnam lawan Amerika. Sekarang pun Indonesia menampung para pengunsi Rohingya atas kejamnya perang dan pembantaian.

Harus anda tahu juga justru negara2 Islam seperti Turki itu malah membunuh dan membatai Islam Kurdi, atau Arab Saudi membantai negara Islam lain seperti Yaman. Untuk anda sadari semua, kita Indonesia saat ini tidak punya masalah kemanusiaan itu semua.

Jika hari ini rakyat Indonesia berempatik terhadap penderitaan bom di Paris karena memang kita tahu sakit dan traumanya kekejaman bom tersebut. Kita pernah dibom oleh teroris berkali2 seperti di Bali, di Jakarta, dll. Ratusan orang tidak bersalah merenggang nyawanya. Keluarga yang ditinggalkan tenggelam dalam duka dan penderitaan amat sangat. Oleh karena itu rakyat Indonesia berempatik pada kasus Bom Paris.

Sebelum sentimen ngawur anda: yang mengkritik sikap empatik rakyat Indonesia ke bom Paris tapi kok tidak ke Beirut, maka buka dulu mata hati anda besar2. Dukungan nyata Indonesia terhadap Palestina dan Lebanon yang saya tulis diatas itu jauh lebih amat sangat besar bentuknya yang telah dilakukan rakyat Indonesia. Masak ini hanya karena kita berempatik atas penderitaan rakyat Perancis atas Bom Paris, anda malah kritik macam2 sikap empatik tersebut.

Begitu beku kah nurani anda memahami ada orang yang terkena musibah?

One thought on “Sesat Nurani bagi yang TIDAK berempatik pada Bom Paris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s