Bahasa Indonesia


feautreimage1

Saya pernah belajar Inggris, Jerman dan Jepang serta tentu saja B. Indonesia sebagai Bahasa Ibu.

Yang sulit dari B. Inggris itu adalah pengucapannya yang tidak konsisten antara tulisan dan ucapan.

Yang sulit dari Jerman itu adalah tata bahasanya yang begitu banyak aturan dan setiap aturan ada pengecualian.

Yang sulit dari B. Jepang itu selain alphabetnya yang beda yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji, bahasa Jepang juga mengenal strata (polite, respectful dan humble).

Bahasa Indonesia tidak punya aturan sulit seperti ketiga bahasa diatas. Ucapan dan tulisannya sama, tata bahasanya sederhana, alphabetnya adalah alphabet Eropa/Internasional, tidak ada jenjang kesopanan dalam berbahasa. Jadi gampangkan?🙂

Untuk bisa bicara dalam B. Indonesia dalam 3 bulan saja sudah bisa ngomong.

Tapi nanti dulu jangan anggap enteng🙂 Dikarena kemudahan itu maka ada 2 permasalahannya saat orang asing ingin belajar B. Indonesia lebih dari sekedar “small talk”.

1. Saat menulis; karena aturan tata bahasanya amat fleksibel maka kebenaran susunan kalimat menulis kita itu seringkali didasarkan lebih pada ke-lazim-an rasa berbahasa sebagai standar kebenaran.

Jadi, buat orang asing sulit sekali untuk mempelajari rasa berbahasa Indonesia karena tidak ada susunan kalimat yang baku dan ketat saat menulis. Semua serba fleksibel.

2. Saat bertutur; orang Indonesia itu informal. Dalam bertutur pun bergaya informal. Mereka jarang mengikuti aturan tata bahasa saat bertutur.

Jadi, buat orang asing saat bertutur B. Indonesia sering kali kaku karena orang asing bertutur mengikuti aturan tata bahasa Indonesia yang benar. Sesuatu yang orang Indonesia jarang menggunakannya saat bertutur kecuali dalam pidato-pidato resmi🙂

Akhirnya saat kita harus berbahasa di level Mahir atau Advance maka bahasa apapun punya keunikan dan tantangan tersendiri untuk menguasainya.

Dari Tepian Lembah sungai Elbe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s