Bermain Derivatif di Bursa Frankfurt dan Stuttgart melalui Commerzbank


Derivative

https://www.trader-2015.com/coba-depotcontest/web/index.html?activation=10ff01592001b07d0636f8c8bf8faadb

Tidak, tidak, saya tidak main derivatif sungguhan. Ada 2 alasan kenapa saya tidak main derivatif sungguhan:
1. Itu adalah permainan yang penuh spekualasi di Bursa Saham. Buat saya, secara karakter tidak cocok, secara kapasitas juga tidak mampu. Itu permainan untuk para “Wolf of Wall Street”. Itu tuh istilah yang digunakan untuk film elok tapi ekstrim yang dibintangi secara ciamik oleh Leonardo Di Caprio: http://www.imdb.com/title/tt0993846/

2. Secara Moral Ekonomi, derivatif itu lah yang paling bertanggung jawab atas terjadinya krisis ekonomi dunia 2008 kemarin, dan diperkirakan krisis-krisis berikutnya akan tetap dalang utamanya adalah derivatif. Anda bisa lihat repotase ciamiknya di PBS Frontline tentang jahatnya derivatif ini: http://www.pbs.org/wgbh/pages/frontline/meltdown/view/

Itulah karakter dari produk-produk keuangan derivatif. Hanya perlu dicatat meskipun saya menolak derivatif (paling tidak sampai saat ini) tetapi saya tidak menolak sebagai trader untuk saham-saham non derivatif. Ada niatan yang ingin menjadi investor tulen bursa saham meskipun niat ini belum pernah terwujud.

Hanya saja seorang sahabat sekaligus “guru” praktisi Bursa Salam saya di Duisburg “memprovokasi” untuk ngajak tanding bermain saham, tidak terkecuali bermain derivatif. Cuma main saham derivatifnya hanya sebagai “Game” belaka alias “just a game” dalma arti harafiah tetapi dengan data nyata realtime.

Artinya, kita benar-benar main Saham-Saham Derivatif di Bursa Efek Frankfurt dan Stuttgart Jerman, seperti layaknya main saham spekulatif beneran lengkap dengan analisa trading, analisa market yang realtime serta dengan uang tetapi resikonya TIDAK nyata. Dikarenakan uang yang kita putar di bursa saham hanya berupa game; bukan uang nyata! Jadi bukan rekening nyata uang Euro kita di akun Bank kita🙂

Asyiknya dari permainan ini:
1. Ibarat pilot pesawat yang butuh selalu latihan menerbangkan pesawat agar jam terbangnya tinggi maka permainan ini adalah seperti simulasi pesawat. Dikarenakan saham yang dimainkan derivatif (yang karakternya liar dan spekualitif) di Bursa Frankfurt maka ini pandananya kalau buat pilot adalah simulasi pesawat tempur (yang juga liar dan sangar) yaitu Euro Fighter Typhoon🙂

Dengan bermain game derivatif ini anda akan punya feeling yang amat luar biasa tajam saat nantinya benar-benar nyata bermain saham! Ini benar-benar tambahan pengalaman berharga bermain saham.

2. Ini membuat adrenalin anda terpicu naik. Permainan ini adalah Paduan antara pengetahuan saham, keakuratan membuat analisa, mental juara dan ketepatan mengambil keputusan serta tentu saja bermainnya di level internasional.

Mental dan Attitude seorang Juara akan terasah di permaian ini!

3. Hadiahnya juga ndak main-main. Permainan ini adalah kompetisi se Jerman (saya tidak tahu apakah diluar Jerman bisa ikut daftar). Tapi pemenang utama kompetisi ini adalah: Jaguar F-TYPE COUPÉ in Polaris White.

Plus tiap minggu pemenang mingguannya akan memperoleh hadiah 2.222 Euro. Belum termasuk hadiah-hadiah lainnya buat berbagai katagori.

Buat anda yang ingin terjun jadi trader bursa sama maka simulasi ini jauh lebih berharga dari pada teori-teori investasi dan akuntansi yang anda dapatkan di kampus. Teori-teori Akuntansi bermanfaat untuk melakukan analisa Fundamental Saham. Teori-teori investasi keuangan bermanfaat untuk menganalisasi menginvestasi dana di pasar modal.

Tetapi saat anda mau jadi trader mengambil keuntungan jual-beli saham dalam waktu singkat maka anda lebih butuh pengalaman nyata. Anda butuh simulasi. Di Bursa Saham Frankfurt para perusahaan pialang membangun platform simulasi saham. Lalu mereka seringkali mengadakan kompetisi saham buat masyarakat. Jadi lah masyarakat punya pengalaman bermain saham! Lalu terlahirlah para pemain-pemain saham yang mumpuni.

Apakah di Indonesia hal seperti ini juga dilakukan untuk meningkatkan masyarakat aktif berpartisipasi di pasar modal? Jika Indonesia menganggap pasar modal adalah salah satu sumber pendanaan penting bagi pelaku ekonominya, maka Institusi Pasar Modal serta Para Perusahaan Pialang di Indonesia ada baiknya untuk membuat platform simulasi dan kompetisi permainan saham terbuka bagi seluruh masyarakatnya seperti yang dilakukan oleh Commerzbank ini:)

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s