Tuntutlah Ilmu ke Yogyakarta


Tugu-Jogja+1
Yogyakarta itu bukan cuma UGM!
Buat anda yang baru lulus SMA atau yang nanti akan lulus SMA, pilihan kuliah di Yogyakarta itu amat menarik bagi anda. Tentu saja UGM adalah mahkota tradisi akademik di Yogyakarta. Itu adalah gelombang magnet pemikiran bagi Indonesia. Jika anda bisa berkuliah di UGM, maka selamat buat anda. Berarti anda akan bernafas dalam tradisi akademik terbaik di Indonesia.

Hanya untuk diingat, Yogyakarta itu tidak hanya UGM tempat untuk menuntut ilmu. Terdapat beberapa PTN yang kualitasnya amat baik serta banyak pula PTS yang kualitasnya tidak kalah baiknya. Menariknya buat jurusan eksakta, PTN di Yogyakarta menawarkan banyak jurusan yang baik yang mencetak para insinyur atau para teknisi handal! (Mohon maaf saya lebih suka membahas jurusan eksakta karena di bidang ini Indonesia amat lemah)

Berikut ini PTN/PTK (Kedinasan) yang bisa anda masuki jika anda memenuhi persyaratannya:
1. UPN „Veteran“ Yogyakarta (UPNVY)
2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
3. UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka)
4. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) Batan
5. Sekolah Tinggi Multi Media (STMM)
6. Sekolah Badan Pertanahan Nasional (STPN)
7. Akademi Teknologi Kulit (ATK)
8. Politeknik Kesehatan Yogyakarta (Poltekes)
9. Akademi TNI Angkatan Udara (AAU)
Untuk dicatat juga di Yogyakarta ada sekolah khusus bidang seni yaitu Institut Seni Indonesia (ISI).
Itu semua adalah peluang besar buat anda calon mahasiswa baru untuk menuntut ilmu di institusi-institusi tersebut di Yogyakarta.

Ke 9 PTN/PTK diatas, —kecuali AAU yang punya kekhususan tersendiri untuk mendaftarnya—, menawarkan kesempatan luas untuk masa depan anda. Dalam bidang eksakta begitu banyak variasi program yang ditawarkan sehingga anda tidak akan kehilangan kesempatan dalam mewujudkan impian untuk menjadi para teknolog atau teknisi profesional.

Selain itu, PTS di Yogyakarta tidak kalah majunya. Tercatat UII (Universitas Islam Indonesia) dan UMY (Universitas Muhammadyah Yogyakarta) mendapatkan akreditasi A dari BAN. Ini jelas sebuah pengakuan pemerintah atas kualitas kedua universitas tersebut. Selain itu terdapat pula PTS kredibel lainnya seperti: Universitas Atma Jaya (UAJY), Universitas Sanata Dharma (USD), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan berbagai catatan prestasinya.

PTS lainnya di bidang eksakta yang juga menarik untuk dipilih diantaranya seperti: Instiper, IST Akprind, STTNas, STMIK Amikom, STIMIK Akakom, STTA Adisutjipto, Politeknik LPP, dll. Masih banyak PTS yang menawarkan jurusan bidang ilmu eksakta yang tidak bisa disebut satu per satu.

Hanya ada titik menarik jika anda belajar ilmu sains dan teknologi di kota Yogyakarta. Selain anda dicetak menjadi teknolog yang handal maka anda pun akan bernafas dalam tradisi humanis masyarakat Yogya yang kaya akan seni dan budaya. Ini akan membuat anda menjadi teknolog secara professional dan humanis saat anda berinteraksi dengan masyarakat. Dikarenakan kunci sukses itu tidak cuma pandai tapi juga kaya dalam cita rasa budaya dan memiliki empatik sosial.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s