Adakah ini Visi UPN “Veteran” Yogyakarta ke depan setelah jadi PTN?


okkk

Saya kok meyakini dalam waktu 5 sd 10 tahun ke depan UPNVY menjadi salah satu Universtas Terhormat di Indonesia dan mungkin juga diakui untuk level ASEAN!

Dikarenakan UPNVY letaknya di Yogyakarta dimana mahasiswa Indonesia secara nasional menjadikan Yogyakarta sebagai tujuan utama melanjutkan study. Saat mereka ke Yogyakarta maka pilihannya UGM dan setelah itu amat mungkin akan ambil UPNVY. Ini berarti UPNVY akan punya input masuk yang amat baik!

Langkah penting yang perlu dikembangkan UPNVY harus menambah Jurusan atau Fakultas khususnya untuk kluster ilmu Eksakta. Alasan penting yang mendasari kenapa perlu dibuka Fakultas baru adalah agar jejaringan industri UPNVY semakin kuat di berbagai kluster industri sehingga UPNVY tidak hanya fokus di kluster industri Migas dan Minerba saja yang saat ini memang Fakultas Teknologi Mineral UPNVY amat maju.

Pembukaan Sekolah Teknologi Informatika membuat UPNVY terlibat dalam kluster industri ICT (Information and communications technology) yang saat ini akan trendnya selalu naik sampai puluhan tahun ke depan. Jadi, UPNVY perlu serius menggarap ini.

Untuk Bidang kesehatan seperti Pembukanaan Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan dan Kebidanan juga masih amat luas kebutuhannya. Kebutuhan kesehatan adalah kebutuhan yang tidak mengenal masa panceklik. Industri kesehatan tidak akan pernah krisis dikarenakan meskipun perekonomian panceklik jika orang sakit maka pasti akan berobat.

Bidang Industri Manufaktur juga perlu diperkuat oleh UPNVY seperti Industri Pengolahan, Mesin Industri, Alat Berat, Rekayasa. Ini semua industri unggul nasional yang selalu butuh insinyur-insinyur terbaik. Oleh karena itu Fakultas Teknologi Industri UPNVY perlu mengembangkan jurusan-jurusan baru yang relevan dengan kebutuhan industri dan daya saing nasional.

Jadilah ke depan UPNVY bisa menguasai beragam kluster industri:
1. Migas dan Minerba (saat ini eksistensi UPNVY diakui oleh industriawan nasional bahkan internasional)
2. Informasi dan Komunikasi
3. Manufaktur dan Pengolahan
4. Kesehatan

Dalam waktu ke depan mestinya pengembangan UPNVY diarahkan untuk membuka Fakultas/Jurusan baru untuk memenuhi kebutuhan industri diatas yaitu:

1. Buka Fakultas Kedokteran (Sarjana) dan Program Profesi Dokter (Pasca Sarjana/Profesi)
Ini bisa bekerja sama dengan RS DKT TNI AD atau RS Lanud Adi Sucipto. Luar biasakan UPNVY akan lahirkan Dokter yang spesialis “crisis center” karena bekerja samanya dengan RS Militer.

2. Buka Sekolah Teknologi Informatika (selevel Fakultas) yang terdiri dari berbagai jurusan yang terkait ICT:
(1) Teknik Informatika (Informatics atau Computer Science): Pengembangan software
(2) Manajemen Informatika (Information System): Software untuk bisnis
(3) Teknologi Informasi (Information Technology): Jejaringan IT
(4) Teknik Komputer (Computer Engineering): Integrasi Software dan Hardware
(5) Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering): perekayasaan software untuk berbagai aplikasi seperti: biomedis, gaming, multimedia, dll.

Pasca Sarjana: Magister Ilmu Komputer

3. Fakultas Teknologi Mineralnya buka S3 terkait bidang Geologi.
Selain juga realisasikan rencana untuk membangun jurusan baru Teknik Geothermal. Jadinya di Fakultas Teknologi Mineral punya jurusan lengkap yaitu:
(1) Teknik Geologi
(2) Teknik Pertambangan
(3) Teknik Perminyakan
(4) Teknik Geofisika
(5) Teknik Lingkungan
(6) Teknik Geothermal

Untuk Program Pasca Sarjana maka Jurusan T. Geologi, T. Tambang dan T. Minyak harus punya Magister. Selain itu khusus Teknik Geologi membuka Doktoral Teknik Geologi.

4. Fakultas Teknologi Industrinya jika memungkinkan UPNVY sanggup melakukan ekspansi besar-besaran disini maka dibuat jurusan Teknik Mekatronika, Teknik Mesin dan Teknik Metalurgi.

Hanya untuk membuat 3 jurusan ini jauh lebih berat buat UPNVY dari pada membangun Fakultas Kedokteran Baru atau Sekolah Teknologi Informatika Baru. Dikarenakan untuk buat Fakultas Kedokteran bisa kerja sama dengan RS yang ada dibawah TNI. Jadi, tidak perlu buat RS baru.

Untuk membangun Sekolah Teknologi Informatika juga tidak butuh laboratorium amat mahal. Sementara untuk buka T. Mesin, T. Mekatronika dan T. Metalurgi butuh pembangunan laboratorium yang amat mahal.

Selanjutnya juga jurusan D3 T. Kimia diangkat derajatnya menjadi D4 Teknologi Kimia Industri.

Hanya jika UPNVY mampu untuk membesarkan FTI maka jadilah di FTI ada jurusannya sebagai berikut:
(1) Teknik Kimia
(2) Teknologi Kimia Industri (D4)
(3) Teknik Industri
(4) Teknik Mekatronika
(5) Teknik Mesin
(6) Teknik Metalurgi

Program Pasca Sarjananya Magister Teknik Industri

5. Fakultas Pertanian cukup dengan jurusan yang ada serta Program S2nya harus dipertahankan. Jadilah jurusan Pertanian tetap 2 saja seperti saat ini:
(1) Agribisnis
(2) Agroteknologi

Pasca Sarjananya adalah Magister Manajemen Agribisnis

6. Fakultas Ekonomi sebaiknya diubah jadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). Khususnya jurusan Manajemen harus buka S3 dan juga dibuka Program Profesi Akuntansi. FEB juga perlu membuka 1 jurusan lagi yaitu Manajemen Parawisata. Jadilah di FEB ada S1, Profesi, S2 dan S3 yaitu:

(1) Manajemen
(2) Akuntansi
(3) Ilmu Ekonomi
(4) Manajemen Parawisata

Pasca Sarjana: Profesi Akuntansi, Magister Akuntansi, Magister Manajemen, Magister Ekonomika Pembangunan serta Doktoral Manajemen

7. Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial dibuka Program Magisternya seperti Magister Kebijakan Publik dan Ketahanan Nasional. Program Sarjana tetap dipertahankan:

(1) Hubungan Internasional
(2) Ilmu Komunikasi
(3) Administrasi Niaga

Pasca Sarjana: Magister Kebijakan Publik dan Ketahanan Nasional.

Kalau UPNVY dikembangkan seperti hal diatas kira-kira sebuah mimpi atau sebuah visi yah?šŸ™‚
Mimpi atau Tidak mimpi yang pasti kita berharap UPNVY semakin maju ke depannya.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe
(Harapan salah seorang Alumnus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s