Buku terbaik Belajar B. Jerman


IMG-20150407-WA0012Belajar Bahasa Jerman itu amat menarik. Selain bisa mengerti tradisi dan kultur bangsa Jerman, anda juga bisa kuliah di Jerman yang gratis serta bisa kerja di Jerman setelah lulus. Saat ini Jerman memberikan peluang besar bagi siapapun terutama lulusan Jerman untuk berkarir di Jerman.

Selain itu, dengan menguasai B. Jerman anda bisa membaca literatur-literatur dari berbagai penulis ilmuwan, filsof maupun sastrawan Jerman yang terkenal menginspirasi dunia. Banyak sekali para pemikir Jerman menjadi trend setter para pemikir bangsa lain. Jerman terkenal sebagai Bangsa Pemikir dan Penyair.

Ekonomi Jerman adalah pemimpin Eropa, Jerman cukup lama menjadi eksportir terbesar di dunia (baru sejak 2-3 tahun terakhir dikalahkan Cina), kualitas “made in Germany” terbaik di dunia serta perguruan tinggi Jerman (yang hampir semuanya negeri dan kualitasnya nyaris sama satu sama lain) terkenal dengan kuat di teori riset serta di praktisi industri. Menurut penelitian British Council, B. Jerman adalah bahasa terpenting no 2 di dunia setelah B. Inggris untuk alasan kepentingan bisnis dan ekonomi. Selain itu dari Research Trend Publication ternyata B. Jerman menjadi bahasa no 3 terpenting di dunia setelah B. Inggris dan B. Perancis dalam publikasi ilmu-ilmu sosial, seni dan budaya.

B. Jerman juga dipakai di Swiss serta Austria. Banyak bangsa Eropa Timur serta Rusia yang lebih bisa berbahasa Jerman dari pada Inggris. Di negara-negara Benelux serta Scandinavia banyak yang bisa berkomunikasi dalam B. Jerman. Jadi, menguasai B. Jerman memberikan banyak keuntungan yang tidak kecil.

Tulisan ini dibuat untuk memberikan arahan buku-buku yang tepat buat anda untuk belajar B. Jerman:

Di Eropa ini ada standard kompetensi berbahasa yang terdiri dari level A1, A2, B1, B2, C1 dan C2. Urutannya begini:
A1: Beginner (Einstieg)
A2: Elementary (Grundlagen)
B1: Intermediate (Mittelstufe)
B2: Upper Intermediate (gute Mittelstufe)
C1: Advanced (fortgeschrittene Kenntnisse)
C2: Proficiency (exzellente Kenntnisse) –> Bahasa Ibu

Berdasarkan pengalaman maka waktu yang dibutuhkan serta tingkat kesulitannya sebagai berikut:
Tingkat Kesulitan A1 + A2 + B1 = Tingkat Kesulitan B2 + C1 = Tingkat Kesulitan C2

Jadi jika anda butuh untuk A1+A2+B1 selama kursus 1 tahun intensif maka untuk mencapai lulus sertifikasi C2 dibutuhkan sekitar 3 tahun intensif (begitu kira-kira ilustrasinya).

Disarankan untuk mempelajari bahasa asing termasuk B. Jerman pada tahap amat awal sekali atau baru pertama kali belajar maka belajarlah di Indonesia oleh guru B. Jerman-nya orang Indonesia. Ini akan memudahkan anda mengerti landasan awal B. Jerman. Setelah itu anda bisa belajar sendiri atau justru malah belajar ke Jerman. Yang optimal jika ingin belajar B. Jerman di Jerman maka sebaiknya anda sudah lulus sertifikasi B1. Ini akan memudahkan anda menyerap ilmu B. Jerman dan dengan cepat berkembangan karena anda sudah bisa komunikasi dasar dengan guru B. Jerman anda yang orang Jerman di Jerman.

Untuk belajar B. Jerman maka Buku PELAJARAN yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:
1. Untuk Level A1+A2+B1 buku pelajarannya adalah: Berliner Platz 1, 2 and 3 (Langenscheidt)
2. Untuk Level B1+B2+C1 buku pelajarannya adalah: EM Brückenkurs, Hauptkurs dan Abschlusskurs (Hueber)

Buku Gramatik yang direkomendasikan:
1. Level A1+A2+B1: Grundstufen-Grammatik (Hueber)
2. Level B+B2: EM Übungsgrammatik (Hueber) dan Kompaktgrammatik (Cornelsen)
3. Level B2+C1: Übungsgrammatik für Forgeschrittene (Hueber)

Kamus:
Deutsche als Fremdsprache: Grund- und Mittelstufe (Hueber)

Belajar Jerman Interaktif:
Jangan lupa juga untuk belajar B. Jerman secara gratis interaktif di Link Deutsche Welle. Ini adalah link interaktif yang dirancang untuk belajar sendiri dengan kualitas yang amat baik dari level A1 (Beginner) sampai dengan level C2 (Proficiency). Anda bisa belajar B. Jerman sendiri dimana pun anda berada. Yang penting punya kemauan dan ada akses internet yang baik.

Ini link penting dari Deutsche Welle jika anda ingin belajar B. Jerman sendiri secara interaktif dengan pengantar B. Indonesia: http://www.dw.com/id/belajar-b-jerman/s-11710

Selamat Belajar B. Jerman

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

4 thoughts on “Buku terbaik Belajar B. Jerman

  1. Ping-balik: Buku Terbaik Belajar B. Inggris | Ferizal Ramli's Blog

  2. Ping-balik: Belajar B. Asing! | Ferizal Ramli's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s