Urang Minang!


COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Poserende_Minangkabauers_in_gelegenheidskleding_TMnr_10005033

Urang Minang!

Urang Minang itu menarik, ada yang seperti Buya Syafii Maarif Guru Bangsa yang benar-benar penuh idialisme dan menjujung tinggi kejujuran.

Ada yang seperti Sarpin Rizaldi; Hakim Bangs*t yang logikanya nuraninya berantakan tanpa rasa malu. Karakter Sarpin Rizaldi dalam masyarakat Minang mungkin mewakili kelompok Para Urang Bagak, Parewa dan Pancilok!

Hanya sejarah mencatat dari rahim Urang Minang lebih banyak yang terlahir orang baik, sebut saja M. Hatta, M (Wapres). M Natsir (PM), Sutan Sahrir (PM), Agus Salim (Menlu), Syafrudin Prawiranegara (Presiden PDRI), M. Asaad (Presiden RI masa RIS), Buya Hamka (Ulama Besar), Tan Malaka (Tokoh Pergerakan), dll, dll…

Cuma jangan lupa sejarah dan cerita-cerita sastra legenda orang Minang juga seringkali menceritakan sebagai intropeksi nilai ke masyarakatnya bahwa “Malin Kundang” itu legenda cerita tentang sifat buruk yang harus dijauhin oleh orang Minang.

Cerita Roman “Siti Nurbaya” tentang sifat jahat Datuk Maringgi, cerita sastra “Sengsara membawa nikmat” tentang kejahatan si Angku Muda dan Orang Kaya keme­nakan Tuanku Laras, adalah contoh cerita tentang perilaku jahat dari komunitas Minang. Penjahat di komunitas Minang biasa mereka sebut dengan Urang Bagak, Para Parewa atau Para Pancilok!

Yang unik cerita-cerita buruk ini sengaja ada dalam karya sastra dan legenda masyarakat Minang tampaknya dijadikan autokritik bahwa kejahatan itu selalu eksis di masyarakat sehingga harus selalu diwaspadai.

Iklan

One thought on “Urang Minang!

  1. Saya mempunyai banyak teman orang minang, juga sudah beberapa kali berkunjung kesana. Sejauh ini belum pernah menemukan para kaum urang Bagak, Para Parewa atau Para Pancilok!
    Mudah mudahan tidak akan, dan saya yakin orang minang itu baik baik semua 😀 rancak banar !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s