Majalah Matra!


13716694611546794211_300x402.0942408377Majalah ini adalah salah satu Majalah Terbaik yang pernah dimiliki oleh masyarakat kita. Ini majalah Lelaki Modern yang membahasa isu-isu lelaki secara elegant dan intelek! Dari mulai Figur Lelaki berdedikasi, Topik Hangat Lelaki, Sudut Pandang Politik dan Ekonomi, Gaya Hidup, Sastra serta Petualangan Alam. Semua dikemas dalam racikan yang amat flamboyant!

Saya mengenal Matra sejak terbitan pertama mungkin tahun 1996 atau 1997, saya agak lupa persisnya. Menariknya saya kenal Majalah ini dari sang Papa. Ini benar-benar unik yang kadang membuat saya tersenyum sendiri. Sang Papa itu layaknya generasinya sukanya Dangdut, Ida Laila lagi favoritnya. Kok bisa-bisanya bacaan favoritnya malah Majalah Matra? 🙂 Tapi dalam urusan bacaan, memang keren sang Papa ini (Y) 🙂

Jadilah sejak saat itu, sejak SMU saya pembaca Majalah Matra yang baik. Memang itu bacaan lelaki dewasa sesungguhnya. Hanya karena kemasannya ciamik dan jauh dari pornografi maka bacaan itu menjadi amat bermanfaat meskipun saya masih duduk di SMA. Justru Majalah Matra banyak sekali memberikan nilai-nilai baik buat saya seperti sudut pandang lelaki terhormat melihat tantangan, visi besar para lelaki sukses serta cerita tentang nilai2 hidup para lelaki sukses modern antara Idialisme dan Entertaiment.

Saya terinspirasi dengan Matra karena lelaki sukses itu tidak identik dengan kuper yang omongannya selalu tentang surga neraka yang ndaki-ndaki. Sebaliknya Matra juga tidak mengeksploitasi gaya hidup hedonis apalagi dugem (ada porsi untuk itu tapi cuma sewajarnya saja).

Dalam Matra Lelaki sukses itu justru tergambar idialis, energik dan optimis. Mereka berpendidikan tinggi, berpenampilan atletis perlente, fit dan sehat. Lelaki sukses juga digambarkan bukan lelaki melajang sendirian tetapi mereka punya istri dan anak2 yang bahagia. Dalam gaya hidup mereka digambarkan tahu tentang trend sosial dan tidak identik dengan dugem atau hedonis.

Sayang majalah Matra yang bagus ini sudah tidak terbit lagi. Majalah lelaki yang saat ini ada di pasaran (mohon maaf karena saya sudah lama tidak Indonesia) setahu saya model Majalah Popular dan Majalah-Majalah mirip seperti itu yang hanya mengeksploitasi sisi-sisi sex dan sensualitas wanita cantik belaka.

Semoga ada reinkarnasi majalah pria seperti Matra.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Iklan

One thought on “Majalah Matra!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s