Polisi


polisiAda 4 kewenangan Polri kita yang ternyata kekuasaannya jauh lebih tinggi dari Polisi di negara maju. Kewenangan polisi sebesar kepolisian di negara kita ini ternyata terjadi pula pada polisi2 negara yang tingkat KEJAHATANNYA justru di dilakukan oleh lembaga polisi itu sendiri. Posisi kita tentang Polisi yang korup ini selevel dengan posisi Polisi Meksiko, Brazil atau Argentina.

Dibandingkan negara maju, posisi polisi kita amat powerfull dan dominan mempengaruhi kehidupan. Kekuasaan polisi Indonesia itu jauh lebih mutlak dari pada polisi negara-2 maju. Kekuasaan ini pula yang membuat polisi kita saat ini dipercaya sebagai salah satu institusi paling korup di negara kita.

Berikut ini kelebihan kekuasaan polisi kita dibandingkan negara maju:

1. Di negara maju kekuatan Penyidikan dan Peyelidikan sebuah kasus dibawah otoritas dan supervisi kejaksaan. Polisi cuma melaksanakannya di lapangan. Jadi proses penindakan hukumnya di bawah supervisi Kejaksaan. Artinya, kekuasaan penindakan hukum pada polisi Indonesia amat dominan dibandingkan polisi negara maju.

2. Di negara maju dipisahkan antara organisasi polisi yang urusan (1) kriminal biasa dan pelayanan masyarakat dengan (2) polisi yang menangani kejahatan terorganisir.

Polisi yang menangani urusan kriminal biasa atau pelayanan masyarakat berada di bawah Depdagri seperti Serse Kriminal, Sabhara, Pelayanan Masyarakat, Polantas, Polisi Perairan.

Sementara yang menangani kejahatan khusus akan dibawah kementrian lainnya seperti kementrian Hukum dan Keadilan misalkan Serse Kejahatan Khusus, Badan
Anti Narkotika dan Brimob untuk menangani kejahatan terorisme.

Artinya Polisi Indonesia itu mempunyai 2 cakupan kekuasaan yang disatukan dalam organisasi Polri. Sementara di negara maju kedua fungsi kekuasaan polisi ini sering kali dipisahkan.

3. Di negara maju Organisasi Polisi yang tugasnya melayani masyarakat dan menangani kriminal biasa akan berada d ibawah Menteri Dalam Negeri di tingkat pusat dan dibawah kepala daerah di tingkat lokal. Artinya, kekuasaan organisasi pada polisi Indonesia saat ini amat dominan karena di bawah langsung Presiden yang di negara maju hal ini tidak pernah ada.

4.  Di negara maju Organisasi Polisi yang menangani Kejahatan Khusus akan dibawah Kementrian Hukum, dan struktur organisasinya tidak harus detail sampai ada Polsek-Polsek di level kecamatan. Dikarenakan tugasnya adalah menangani kasus-kasus khusus seperti Serse Khusus Kejahatan Mafia dan Internasional, Narkotika atau Kejahatan Terorisme.

Dikarenakan begitu berkuasaanya institusi Polri ini maka Polri saat ini menjadi institusi yang amat sulit dimintakan akuntabilitasnya. Jadi, tugas selanjutnya adalah kita harus bisa membuat institusi Polri Akuntabel dan tidak lagi menjadi sarang korupsi dengan cara mengurangi 4 ororitasnya seperti yang telah dideskripsikan di atas.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s