Catatan Akhir Tahun 2: Gugurnya Oposisi Partisan, Saat ini harus terlahir Oposisi Idialisme


Oposisi yang doposisiigagas Koalisi Merah Putih (KMP) sayang sekali tampaknya sudah selesai. Gigi taringnya nyaris sudah mrotol, kuku jarinya sudah tumpul dan tidak berbisa lagi. Jika ini peperangan maka Jokowi-JK akan memenangkan perang ini tanpa terlalu susah payah berdarah-darah. Ini tinggal masalah waktu.

PDIP yang memimpin KIH memang KALAH telak lawan KMP di Parlemen beberapa bulan lalu. Tapi Jokowi-JK tampaknya akan begitu mudah menekuk KMP.
Tanda-tanda pukulan tinju politik Jokowi-JK mulai masuk ke rahang KMP adalah saat PPP berhasil ditariknya. Minimal PPP saat ini tidak lagi menjadi pembela KMP meskipun belum tentu juga akan dimiliki Jokowi-JK.

Lalu dalam Kelengkapan Pemimpin Komisi dimana KMP pun “dipaksa” kompromi, menunjukkan keinginan KMP yang ingin mendominasi Parlemen terpaksa harus kompromi, setelah Menteri-2 Jokowi tidak bersedia bertemu DPR jika persoalan internal DPR belum selesai.

Kemudian titik terkoyak KMP yaitu Golkar pun dihujani “upper cut”. Kali ini yang memasukkan “upper cut” kuatnya ada JK. Jadilah Golkar yang selama ini garda terdepan KMP malah sangat mungkin dengan kepiawan JK malah berbaik melawan KMP.

Strategi yang lebih ciamik lagi saat PD dan PAN dibuat merapat ke KIH bahkan SBY menemui Jokowi langsung, untuk sungkem silahturahmi. Ini jelas jurus sirep politik yang piawai dari Jokowi.

Berangkat dari Fakta ini maka sesungguhnya Oposisi Politik yang dilakukan di Parlemen oleh KMP didukung oleh masyarakat yang sifatnya Partisan sudah nyaris selesai umurnya.

TAPI justru saat ini masyarakat intelektual harus bersiap membangun oposisi idialisme. Oposisi ini tidak berafiliasi pada kepentingan partai tertentu atau kekuatan politik tertentu. Oposisi ini berdasarkan hati nurani, dan mengkritisi pemerintah dengan alasan rasional. Argumen-argumen hiruk-pikuk berdasarkan gosip dan link2 tidak bertanggung jawab tidak ada tempatnya dalam karakter oposisi ini.

Jadi, akhir tahun 2014 adalah akhir riwayat dari dominasi Oposisi Partisan Partai Politik dan tahun 2015 seharusnya dimulainya gerakan Oposisi Idialisme dari para masyarakat terdidik untuk mengawasi pemerintah Jokowi-JK.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s