Catatan Akhir Tahun 1: Tahun 2014 dihiasi dengan Fenomena Demokrasi Gosip


demonstrasiTradisi cinta membaca yang rendah bagi kebanyakan masyarakat kita, dunia online yang mudah sebarkan berita dengan penulis anymous, membuat kita mudah terjebak dengan berita gosip. Begitu berhamburan riuh kritik kita keluarkan seperti Mitraliyur dari moncong meriam otomatis mulut kita, tetapi lebih banyak kritik itu didasarkan pada berita gosip.

Tidak apa-apa, ini proses belajar kita mulai berpartisipasi bersama dalam demokrasi. Paling tidak kemajuan yang kita capai adalah saat ini masyarakat kita partisipatif sekali dalam mengikuti perkembangan politik yang ada. Paling tidak ada kesadaran di masyarakat untuk tidak boleh lagi apatis atas isu-isu politik yang memang akan mempengaruhi hidup kita.

Hanya sisi lemahnya tetap terlihat nyata: dikarenakan kurangnya tradisi membaca maka mayoritas diantara kita masih gagap untuk membedakan antara gosip sensasional dengan sebuah analisa yang rasionalis dingin berdasarkan akurasi data.

Ciri khas dari demokrasi gosip ini adalah sbb;
1. Dasar kritiknya berdasarkan berita gosip, gambar2 gosip hasil photoshop, plus berita dari link yang tidak bertanggung jawab, dll.
2. Si pengkritik tidak punya argumen melainkan cuma meloper atau mentautkan link-link gosip tersebut sebagai bentuk cara kritiknya

Kebanyakan di antara kita akan terbakar reaktif jika ada gosip senasional, ini titik terlemah dari catatan hiruk pikuk masyarakat kita hampir sepanjang 2014 sampai tutup tahun.

Semoga di tahun baru 2015 kita sudah mampu ucapkan selamat tinggal pada demokrasi gosip…

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s