Sri Mulyani Indrawati ini mungkin kesempatan kedua buat anda…


World-Bank-imageSaya pribadi tahu anda adalah ekonom bermahzab NEOLIB. Cara anda menerbitkan SUN dengan suku bunga tinggi yang mencekik leher bangsa ini dan menguntungkan pemilik modal kapitalis global adalah salah satu bukti yang tak terbantahkan anda percaya dengan cara-cara NEOLIB menggenjot pertumbuhan: berhutang demi pertumbuhan ekonomi tinggi. Tentu saja mudah buat kita semua untuk menambah daftar bukti lagi bahwa anda memang Ekonom bermahzab Neolib.

Saya pribadi juga yakin anda AGEN WB. Cara WB menyelamatkan karir dan martabat anda saat terkena kasus Century adalah bukti nyata anda adalah AGEN WB yang diselundupkan ke Indonesia. Adalah naif jika anda diangkat Direktur di WB karena kepandaian anda semata. Kalau cuma untuk mencari 1 Ekonom yang pandai selevel anda di dunia ini banyak. Kasarnya, saya bisa dengan mudah sebut nama Ekonom yang punya prestasi selevel anda di Eropa ini saja; dalam 1 jam maka 1 Truck penuh akan terkumpul Ekonom yang kualifikasinya selevel anda. Tapi kenapa WB tidak memilih mereka malah begitu cepatnya memutuskan memilih anda?

Jadi, ceto welo-welo kok, kalau anda dipilih jadi Managing Director WB padahal saat itu justru reputasi anda hancur karena kasus Century maka itu mudah kita pahami bahwa anda adalah KEKAYAAN WB sehingga mereka harus selamatkan.

Hanya jangan khawatir atas fakta itu: Nobody prefect! Anda juga punya kelebihan nyata yang dibutuhkan bangsa ini yaitu:

1. Anda adalah pemimpin birokrasi yang yang efektif. Cara anda membangun Depkeu secara profesional adalah catatan baik kemampuan manajerial anda memimpin birokrasi.

2. Anda berani melawan Mafia Pajak. Keberanian anda dalam melawan Mafia Pajak amat menganggumkan seperti Srikandi yang berani membabat habis para Kurawa.

3. Anda bersih dari korupsi. Memang anda AGEN yang mungkin isi kepala anda tentang mahzab Ekonomi bersesuaian dengan Para Godfather WB. Jadi, kebijakan-kebijakan Ekonomi anda sangat mungkin pro dengan metode WB. Hanya anda lakukan itu bukan karena niat ingin mengambil keuntungan ekonomi pribadi apalagi untuk korupsi. Tidak, tidak demikian, anda bersih dari korup. Hanya kebijakan ekonomi anda sesuai dengan harapan WB karena isi kepala anda setuju dengan metode WB. Anda memang AGEN WB tapi anda bukan seorang koruptor. Anda bersih dari kasus korup, itu nilai penting buat Indonesia.

Harapan saya pribadi buat anda jika anda terpilih jadi Menteri adalah: (1) Tetap berani lawan Mafia yang ada di Indonesia baik itu Mafia Pajak, Mafia Migas dan Mafia-Mafia lain serta (2) bereskan sistem penganggaran pada seluruh Departemen di Indonesia sehingga tidak ada lagi anggaran yang bocor.

Tidak apa-apa jika anda tetap merasa yakin dengan metode IMF yang cenderung Neolib harus diterapkan di Indonesia maka tetap lah dengan keyakinan anda dan jalankan jika anda mampu…

Saat yang sama harapan saya buat Jokowi-JK, jika anda pilih SMI karena SMI diharapkan berani melawan para Mafia di Indonesia, untuk membenahi birokrasi Departemen yang berhubungan dengan ekonomi atau untuk merapihkan sistem pajak maka boleh-boleh saja, itu memang kompetensi SMI.
Tapi mohon diingat, SMI itu majikannya WB bukan panjengan Pak Jokowi-JK. Jadi, harus dibuat sistem penyeimbang agar SMI tidak bebas menjalankan agenda WB di Indonesia. Pilih juga menteri lainnya di bidang ekonomi yang kredibel yang pro nasionalis dan pro ekonomi pemerataan untuk mengimbangi gerak SMI.

Memang mustahil mendapatkan orang yang sempurna tanpa cacat. Tapi amat niscaya bisa terwujud untuk membentuk tim kabinet dengan sinerji yang nyaris sempurna. Harapan bangsa ini Pak Jokowi-JK bisa membentuk kabinet yang mampu bersinerji menjalankan seluruh janji-janji kampanye anda. Jadi, sekali lagi semoga Jokowi-JK bisa memilih Menteri-Menterinya secara tepat sehingga bisa bersinerji nyaris sempurna.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s