Akreditasi Sekolah Bisnis Indonesia di level dunia baru FEB UGM


dsc04426Ada 3 Program Akreditasi Sekolah Bisnis yang prestius di dunia yaitu: AACSB, EQUIS dan AMBA. Dari ke-3 lembaga akreditasi prestius itu yang paling memiliki tradisi tua adalah AACSB berpusat di Amerika, lalu AMBA yang berpusat di UK serta EQUIS di Eropa. Memiliki akreditasi tersebut merupakan salah satu standard ukur sebuah sekolah bisnis berkualifikasi World Class Business School!

Adalah menarik INDONESIA yang kekuatan ekonominya masuk dalam G-20, Peringkat 16 di dunia ternyata hanya baru mampu 1 saja dari mungkin ribuan sekolah bisnis yang ada di Indonesia yang mendapatkan akreditasi level dunia ini yaitu: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. FEB UGM mendapatkan akreditasi dari AACSB pada tahun ini.

Tercatat kurang dari 5% dari seluruh sekolah bisnis di dunia yang berhasil mendapatkan akreditasi AACSB. Saat ini hanya ada 711 sekolah bisnis yang tersebar di 47 negara yang mendapatkan akreditasi AACSB.
Di ASEAN yang mendapatkan akrediatsi serupa yaitu:
SINGAPURA tercatat 3 Sekolah Bisnisnya berhasil terakreditas yaitu: (1) Nanyang Technological University, (2) National University of Singapore dan (3) Singapore Management University.
THAILAND mencatat 2 Sekolah Bisnisnya yaitu: (1) National Institute of Development Administration dan (2) Chulalongkorn University
PHILIPINA mencatat hanya 1 Sekolah Bisnisnya yaitu: Asian Institute of Management
MALAYSIA berbarengan dengan Indonesia juga mencatat 1 Sekolah Bisnisnya yaitu Universiti Putra Malaysia

Selain AACSB, ada juga akreditasi yang sama prestiusnya yaitu AMBA dan EQUIS. Untuk kedua akreditasi ini belum ada Sekolah Bisnis Indonesia yang tercatat disini. Ada pertanyaan menarik yang perlu kita ajukan; mengapa Indonesia yang punya perguruan tinggi sampai hampir 3.000-an kalau tidak salah, dan fakultas ekonomi itu umumnya sering kali ada di universitas kita, ternyata hanya 1 saja yang berhasil meraih akreditasi internasional berkualifikasi “World Class Business School”?

Memang akreditasi ini bukan segalanya tetapi paling tidak kita bisa memetakan posisi dan kualitas sekolah bisnis kita dalam kompetisi global. Ini bisa juga menjadi indikator sedikitnya para manajer masa depan yang berhasil dikreasikan oleh sekolah bisnis Indonesia yang berkualifikasi global.

Kita adalah negara dengan kekuatan ekonomi besar di dunia. Jadi saatnya juga sekolah-sekolah bisnis Indonesia harus mampu menjadi institusi dengan kualifikasi “world class” sehingga kelak kita memiliki banyak manajer dan eksekutif bisnis yang siap menjadi pelari terdepan dalam membawa Indonesia di persaingan global!

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Iklan

One thought on “Akreditasi Sekolah Bisnis Indonesia di level dunia baru FEB UGM

  1. Apakah ada perubahan terutama untuk kurikulum di MM UGM setelah mendapatkan akreditasi AACSB ini? Dan apakah ada perbedaan kualitas lulusan universitas dengan akreditasi ini dengan yang tidak? Terima kasih.

    XXXXX

    Hallo Bsw,

    Secara teoritis pasti sistem dan proses pendidikannya makin baik dan makin terjaga karena diaudit secara international oleh lembaga amat prestisius terus-menerus. Tapi secara fakta lapangan yah harus tanya langsung ke MM UGM 🙂

    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s