Memahami Tragedi MH17: Para Penumpang adalah Korban Tragedi tapi MAS adalah Pecundang yang tidak Profesional! ***


b738-9m-mlo-malaysia-airlines-storyimage***dari sudut pandang saya pribadi šŸ™‚

Itu pastilah salah tembak! Baik pemerintah Ukraina atau Pemberontak Pro Rusia itu saya yakin cukup punya hati sehingga tidak menembak pesawat tersebut secara sengaja. Mereka salah telah membunuh rakyat sipil, itu kejahatan tapi kesalahan tersebut lebih dari ketidaksengajaan.

Ingat MH7 terbang di daerah konflik.
Saya bingung kenapa lembaga penerbangan internasional tidak melarang tegas untuk jangan terbang di atas wilayah konflik Ukraina? Sudah jelas begitu banyak pesawat dan helikopter ditembak jatuh disana, kenapa kok tetap pesawat sipil dibolehkan terbang disana? Ini jelas keteledoran!

Saya bingung kenapa MAS atau Airline lainnya susah tahu itu daerah konflik amat beresiko tetapi tetap saja terbang di atas Ukraina? Ini jelas keteledoran dengan motif ekonomis.

Saya bingung kenapa otoritas Ukraina juga mengizinkan daerahnya diterbangi pesawat sipil padahal sudah jelas rudal dari darat ke udara berseliweran di wilayahnya dan telah banyak pesawat jatuh? Ini jelas kesembronoan.

Jika Drone Amrik serang pasar di Afghanistan dan mengena banyak warga sipil, apapun alasannya untuk kejar pemberontakan Taliban maka Drone itu yang salah. Dikarenakan Drone-nya yang sengaja menyerang wilayah sipil. Rakyat sipil yang di pasar saat diserang Drone ndak bisa menghindar dari wilayah konflik. Lha wong itu daerah mereka sehari2 dan diserang.

Jika serangan udara Israel ke Gaza dan mengenai rakyat sipil maka serangan itu yang dikutuk. Dikarenakan yang kena bom Rumah Sakit, Sekolah, Pasar adalah sasaran yang tidak bergerak dan itu sebagai wilayah sipil.

Tapi MAS atau Penerbangan lainnya kan bisa menghindar dari wilayah konflik? Kenapa mereka tetap mendatangi wilyah konflik hanyak karena alasan untuk menghemat biaya?

Untuk hal ini kesalahan tidak cuma pada si penembak yang melakukan kejahatan kemanusiaan meskipun tanpa sengaja, kesalahan juga dilakukan oleh pihak MAS, Asosiasi Lembaga Penerbangan Internasional (atau apalah namanya) serta otoritas penerbangan di Ukraina yang secara sengaja menyambangi daerah konflik.

Pemerintah Malaysia silahkan marah pada si penembak yang tidak beradab. Tapi harusnya pemerintah Indonesia menuntut MAS yang tidak profesional, terbang di wilayah berbahaya, sehingga membuat WNI kita korban!

dari Tepian Lembah Sungai Elbe

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s