Catatan Hormat saya buat Prof. Dr. Mahfud MD


Buat Yth Pak Mahfud MD

Mahfud_MDSaya memang bukan siapa-siapa. Saya hanya penganggum anda dan nyaris saya “kehilangan” daya kritis terhadap anda karena kekaguman saya. Saya mungkin termasuk salah satu mahasiswa yang pertama yang membaca disertasi anda dulu sekali tentang UU Parpol produk ORBA. Sebuah disertasi amat tebal seingat saya 400 halaman, saya telaah semua karena begitu kaya ilmu dan indialisme yang menginspirasi saya. Itu terjadi tahun 1994-an. Saya penganggum anda Pak Mahfud sampai hari ini meskipun pilihan politik saya tidak sama dengan anda.

Sekarang ijinkan lah saya utarakan secara terbuka kekhawatiran saya atas nama baik anda. Pak Mahfud, Prabowo kalah itu realitas dan masalah waktu. Jika pun bapak ingin tunggu keputusan resmi KPU maka sebaiknya bapak menjaga jarak dengan lembaga-lembaga Quick Count tanpa kredibilitas apalagi kalau bapak sampai menjadi arsitek dari Quick Count yang tidak kredibel. Bapak nanti akan tercatat dalam sejarah bangsa Indonesia sebagai tokoh yang tidak ksatria.

Jika memang Prabowo kalah maka direkayasa seperti apapun pasti kalah. Ingat Pak Mahfud, salah satu tiang utama penyanggah Prabowo adalah Partai Golkar. Mereka sudah kasak-kusuk tinggalkan perahu koalisi anda. Mereka adalah para politisi licin. Anda pasti akan ditinggal atau mungkin ditusuk dari belakang. Pasukan yang anda pimpin itu kumpulan para opportunis.

Jadi, pastikan anda bermain bersih, bleib sauber! kalau kata orang Jerman. Dikarenakan anda bisa ditikam dari belakang oleh para politisi Golkar yang saat ini dia sedang berusaha “potong kepala ular” (baca: potong kepala si Ical, -red). Setelah itu mereka pasti akan habisi nama baik anda.

Mumpung belum terlambat maka sebaiknya tunjukkan kebiasaan tradisi ksatria anda: mengaku kalah secara terhormat. Rakyat akan mencatat anda sebagai tokoh ksatria. Lalu dengan nama harum anda, anda balik ke kampus UII sebagai salah satu kampus kebanggaan masyarakat Yogya serta dari sana menjadi guru bangsa. Saya yakin ini adalah yang terbaik anda lakukan dari sedikit sekali pilihan yang anda miliki.

Hanya jika anda benar-benar yakin menang dalam pilpres ini maka “bleib sauber”, bermain bersih. Jangan rekayasa hasil atau disinformasi ke masyarakat. Dikarenakan jika anda kalah tapi anda paksakan ingin menang dengan cara tidak terpuji maka percayalah Golkar akan senang hati menikam anda dari belakang dan mereka akan mengklaim sebagai pahlawan pembela kebenaran (meskipun kesiangan tapi buat politikus Golkar itu bukan masalah…)

Yang saya sayangkan nama baik anda akan hancur Pak Mahfud. Saya menganggumi anda dan saya tidak siap jika harus kehilangan kekaguman ini. Saya sudah kehilangan Amien Rais sebagai figur yang saya kagumi. Semoga saya tidak kehilangan anda lagi. Ini kehilangan besar untuk kedua kalinya…

dari tepian Lembah Sungai Elbe,
Hamburg di musim Sommer dalam kecerahan Matahari dan Mata Hati,

Ferizal Ramli

Iklan

46 thoughts on “Catatan Hormat saya buat Prof. Dr. Mahfud MD

  1. tulisan anda persis seperti yang aku rasakan sekarang. pertama, sama-sama telah kehilangan tokoh sekaliber amin rais, kedua akan mungkin hilang kekaguman kpd mahfud md.

    • sama mas, perasaan saya juga seperti itu kepada pak mahfud, semenjak di MK sampai sekarang, tapi sangat miris jika yg terjadi seperti yg sampean tulis, saya juga tidak mau kehilangan orang baik seperti pak mahfud…………

  2. Memilih jalan atas nama sakit hati tanpa berpikir jernih memang seringkali menyulitkan ya Kang, saya bayangin kalo Mahfud merapat ke JK minimal dpt menteri + nama bagus. Sangat mungkin juga JK terdongkrak lumayan.

  3. Pak Ramli yangterhormat,
    Indah manusiawi tulisan anda….terbuka,jujur tanpa merendahkan beliau!

    Sayapunbsanfat menyayangkan dan tidak habis pikir apa yang membuat beliau memilih kubu-penuh-orang2 bermssalah itu!

    Sebagai sesama pengagum, kita hanya bisa berdoa agar pak Mahfud membaca surat vbapak dan mengabdikan diri pada dunia pendidikan.

    Salam hormat,
    Achmad Koswara Hoedaya
    Bali – sasal Jawa Barat

  4. Ewako Feri…..tolo2 mantong Pak Machfud, seperti baru belajar politik saja. Membela Prabowo dgn pernyataan konyol termasuk skenario tololnya di dlm quick count abal2, padahal hatinuraninya lain, Mundurlah dari politik kalau politik semakin membuatmu tdk cerdas

  5. Pak Ferry (maaf saya sebut saja begitu) … Kita adalah manusia biasa, yang terkadang disesatkan oleh pikiran dan angan-angan. Telah berapa banyak orang-orang yang “tersesat di jalan yang benar”? Ada ustadz yang telah menjadi publik figur, yang mungkin dapat menyimpan nafsu di balik citra dan penampilannya, kemudian “habis”, karena tidak bisa bersembunyi di hadapan-Nya … Saya miris dan prihatin seperti Anda … Tapi peringatan dan, mungkin hukuman, akan datang dengan sendirinya sebagai buah dari pohon yang ditanamnya … Untung leluhurku dari Sumenep …

    • Yth. Pak Ferizal, Saya mempunyai ‘rasa’ yang sama dengan Anda Pak Ferizal. Terima kasih sudah memberi ‘saluran’ ungkapan. Bgaimanapun Pak Mahfud masih tetap menjadi salah satu orang yang saya kagumi dan hormati di republik ini, kecuali keputusan-keputusan beliau ambil akhir-akhir ini yang saya anggap tidak benar. Tentu ini hak beliau (meski sangat saya sayangkan). Saya hanya bisa berdoa untuk kebaikan beliau sekeluarga. Kalau langkah yang beliau ambil saat ini ‘salah’, itu memang diperkenankan terjadi. Soal Quick Count : kalau lembaga-lembaga survey seperti CSIS, PolTracking, dll yang ada di kubu 2 dicurigai berekayasa, saya sudah tidak tahu mau siapa lagi yang dipercaya. Betapa luluh lantaknya bangsa ini. Tentu saja tetap saya hormati teman-teman yang tidak sepaham dengan saya, tetapi nurani saya mengatakan mereka adalah lembaga-lembaga yang lebih kredibel dan masih bisa dipercaya. Salam

  6. Pak Mahfud itu diibaratkan sebagai seorang PANDAWA yang kesasar ke gerbong KURAWA. Jangan terjerumus ke politik praktis ya pak, sampeyan bukan orang parpol; sampeyan adalah akademisi yang mumpuni. Segera kembali ke kampus pak, ke habitat bapak yang sesungguhnya.

  7. Saya dulu begitu mengagumi beliau sebagai ketua MK yang saya anggap seperti setitik air di oase koruptor negeri ini..saya mengagumi beliau karena saya anggap beliau itu jujur,tegas dan bersih…tetapi sejak komentar komentar nya menyerang jokowi dan mati matian membela PS tanpa memperhatikan etika berpolitik..saya jadi mual dan rasanya mau muntah..saya berpikir beliau PHP ( pemberi harapan palsu).
    Saya harap beliau mau bicara di TV dan mau mengakui bahwa langkah nya selama ini salah dan sudah dimanfaatkan ARB dan kroni kroni nya.

  8. Prof Mahfud, salam hormat dan kagum saya atas setiap langkah, setiap pemikiran, dan setiap aktifitas yg Anda lakukan membuat sy semakin mengidolakannya. Banyak pendapat banyak pemikiran yang perlu direfres agar kekaguman, keidolaan, dan hormat saya bisa semakin dalam, mendalam, berurat, berakat dan tertanam dalam hati sanubari yang paling dalam, serta itu semua memberikan makna saya untuk lebih jernih menapak dunia kemunafikan yg nyata-nyata tidak sejalan dengan hati saya,….. Selamat berkarya untuk bangsa tercinta.

  9. Saya orang awam yg melihat manuver politik pak Mahfud MD yg menurut saya salah dlm mengambil keputusan. Tidak tau apa yg menjadi dasar pertimbangannya memilih mendukung prabowom setelah 3hari dia bergelut dgn pjkirannya sampai menangis. Saya pikir tadinya dia akan seperi alm.Baharidin Lopa, tapi ternyata tidak!. Sayang sekali! Kembali saja ke kampus dan menjadi guru bangsa itu adalah yg terbaik buat Mahfud MD. Semoga mau!

  10. Prabowo kalah itu realitas dan masalah waktu.

    Pernyataanmu sdh seperti tuhan yang maha memutuskan.

    Kebencianmu thd Prabowo itu urusanmu.

    Tapi keikutsertaanmu dlm propaganda bahwa Prabowo kalah merupakan bukti kamu di pihak yang tidak menghormati pilihan rakyat.

    Sudah jauh hari Jokowi JK bilang hanya kecurangan yang bisa kalahkan mereka. Lalu diikuti klaim menang berdasarlan quick count.

    Kemudian.Burhan Muhtadi bilang kalo Prabowo menang KPU curang.

    Sekarang kamu menuding Pak Mahfud dg argumen.yg sama.

    Pendapat sampah yang kamu sampaikan itu adalah cermin sikap otoriter yg jadi watak Jokowi JK yang ingin menang dengan segala cara.

    Kalian sesungguhnya adalah orang2 yg fasis dalam arti sebenarnya.

    Tindakanmu menyumbang signifikan terhadap kerusakan demokrasi di bangsa ini.

    Salam

    • Betul mas tidak ingatkah mereka ketika oneng kalah di quick count pilgub? ngototnya minta ampuuuun. menang atau perang??? ini gaya nya PKI ….

    • Tanggapan anda kritis. Ingin menang dg menghalalkan segala cara. Sikap2 kubu no 2 sikap ketakutan kalah. Prabowo siap menghormati keputusan rakyat jika kubu 2 menang.nnamun kubu 1 tak berani bikin statement itu malah menganggap kalah krn adanya kecurangan. Mana yg negarawan ?. Apalagi intervensi2 asing kentalndikubu 2. Siap2 dijajah lagi kita ini. Kalau td adavyg bilang dibelakang mahmud oprtunis…. apakah sudah anda pelajari di belakang kubu 2 kayK P orang2nya ????? SY BUKAN POLITIS. TAPI KALAU KUBU 2 MENANG, Saya rahu BERTAHAN 5 TAHUN. Krn catatan sejarah kita setelah sukarno….presiden sipil ga ada yg 5 th…. kecuali suharto dan sby.

    • Prihatin dengan anda, Mas Indra! Ternyata otak tapi juga hati anda juga sudah ikut dibutakan… Saya berbelasungkawa atas kematian eksistensi anda! Salam dua jari dari Ambon!

    • Pak Indra seharusnya anda tidak perlu menanggapi dengan kata-kata sperti iti, alangkah lebih baik jika anda menanggapi dengan membuat blog sendiri…lalu bukan kah anda sendiri juga yg bertindak se akan2 anda tuhan yg mampu menilai bhw JKWJK otoriter? jika anda menilai JKw otoriter berdasarkan pengamatan anda, anda ga jauh beda dng penulis saat menulis ttg Mahfud MD..pendapat anda sampah teriak sa,pah, otoriter teriak otoriter, fasis yg dlm arti sebenar-benarnya….
      Bukankah membiarkan penulis menulis demikian sambil menunggu hasil dan kenyataan akan membuat kebenaran membuka aib…jika penulis salah kredibilitasnya akan dipertanyakan, jika penilis benar maka biarlah kebenaran yg jadi…

  11. Sayapun sampai sekarang juga masih pengagum Anda Pak. Machfud…..! dan Saya yakin Anda tidak akan terlalu jauh larut dengan kelompok Anda yng sekarang, maaf Prof…..

  12. Bukan siapa* megapa, ada apa, ribut @p. Mahfud md membuat statment sprti itu udh di fikir matang* dari sgala aspek baik buruk srta resikonya real count koalisi merah putih insyaallah MENANG anda bersumber dari quick count yg sumber dari Lembaga survey yg di danai oleh surya paloh + miris rasanya disaat kpu msh menghitung suara di tps* lum selesai udh deklarasi kemenanga batas akhir pencoblosan pukul 13.00 penghitungan di mulai stlh pkl 13.00 s.d selesai eh tps kami baru aja menghitung udh deklarasi menang pukul 14.00 miror biar ndk mirinG

  13. Idealisme pak Mhafud sudah luntur …. disebabkan 1.keadaan dia sekarang tdak mempunyai POSISI kecuali jadi Dosen. kedua. kesempatan dia untruk menggapai posisi lagi terbuka di kUBU PRABOWO. Jabatan Membuat Pak mahfud menghilangkan Idealisme kenegarawan, kritis, jujur, bersih … tks.

  14. Prof. Anda adalah Negarawan. Citra baik selama umur hidupmua masakan harus rusak diakhir senjamu. kembalilah, kembalilah, kembalilah…belum terlmabat. masih ada kesempatan. Salam Damai Prof.

  15. Iya eee.. Saya mengagumi dia sejak masih mahasiswa, awal tahun 80an. Ketika dia masih aktivis mahasiswa ngurus majalah Himmah UII. Sampai kemarin, ketika saya merasa logika dan kesadaran dia seolah lenyap. Sayang sekali. Semoga sempat sadar kembali.

  16. Hahaha…
    Viewnya sama bro. Tapi, beliau sedang berjudi mempertaruhkan seluruh hartanya (baca: integritas dan reputasinya). Beliau melakukan karena sakit hati, dan sakit hati itu sudah gamblang terucap dari beliau. Beliau merasa akan dipilih jadi cawapres Jokowi dan sayapun tadinya berharap begitu.
    Namun, akhirnya, saya sadar bahwa kalkulasi mesin partai memang masih perlu dan juga strategi pemenangan yang harus manjur.
    JK terpilih dan ternyata ampuh memecah kekuatan lawan yang sarat dengan intrik kotor.
    JK menguasai medan strategi dan punya peluru kecil dengan ledakan yang meluluh lantakkan saat debat capres/cawapres.

    Sebagai intelektual, saya sepakat dengan anda. Intinya beliau telah menjudikan seluruh modal dan akkumulasi investasi modal intelektualnya.

    Semoga Indonesia sadar akan komitmen untuk berjuang secara bersih.

  17. Kasihan,,, semua yakin quickcount benar ya? Arab dan mesir yg diclaim jokowi menang via poll tracking aja ternyata setelah dihitung prabowo yang menang,,, jangan menjudge via QC karna bisa diatur

    Jangan menjudge orang salah sebelum benar2 tahu itu salah, 2004 mega-hasyim menang QC presidennya SBY, kmarin QC menang foke Gubernurnya Jokowi, belum beberapa contoh daerah2 lain yg QCnya mayoritas kacau

    Kalau ada kepentingan QC gampang diatur… Salam 3 jari

  18. Saya takutnya Mahfud MD mutung kasarung. Lalu memberontak NKRI dan hendak mendirikan negara Madura. Syahwat kuasa MMD seperti tidak terbendung. Melampaui nyalinya, yang sebetulnya tidak lagi kesatria. Kesatria besi tua. Alamaaak…!

  19. Terus terang saya kaget n gak percaya saat pak Machfud MD ada di kubu pak Prabowo…. Sejak di MK… Saya tertarik dgn figur beliau…. Tp saat beliau masuk ke kubu itu…. Timbul pertanyaan…… Apakah beliau ada terlibat satu kasus penting sehingga beelindung di kubu itu… Mengingat semua yg gabung di kubu itu terlibat kasus… Hmmmm….. Maaf pak.., saya lgsg gak respwk lagi dengan beliau… Apalagi setelah hasil quick count pilpres kemarin…., semakin saya gak mengerti… Apa yg kau cari…?

  20. Setuju banget! Meski sy kagum sebatas kinerjanya di MK, tp mnjd luntur krn kengototanya utk menangin prahara… entah krn apa?

  21. saya sedih baca surat bapak, ternyata suara hati sy sama persis dgn bapak. sy sering ketik d fb tp gak sebrani bapak. thanks dah ketik ini moga pak mahfudx baca n sadar.

  22. kenegarawan pak mafud yg dirintis lama sekali dalm sekejap hilang hanya gara2 tergiur kekuasaan……sayang sekali…memang sebaiknya pak mafud kembalike habitatnya menjadi dosen dan meminta maaf kepada para mahasiswa atas kekhilafanya…insyaalah perlahan-;ahan nama baiknya akan pulihkembali….

  23. Semoga tulisan anda menjadi bahan renungan bagi Pak Mahfud, MD. Agar dia sadar masih banyak orang2 yang sangat mencintai dan menyayangi dan peduli pada beliau sehingga mengingatkan beliau, meskipun apa yg telah beliau lakukan sangat mengecewakan orang2 yang mengaguminya………

  24. Yth,..Bung Ferizal, dan teman” komentator yg sefaham dg beliau;…
    Apapun yg ANDA tulis disurat terbuka, serta kometar” – teman”…boleh-boleh saja,..tapi ANDA” yg tdk sependapat dg Beliau (Machfud MD) tdk perlu mendahului ”takdir” (men-judge) bahwa pilihan beliau salah,…”landasan pikir” ANDA semua apa dan darimana,…?

    ANDA semua pasti setuju kalau saya katakan bahwa ”beliau” mengenal baik satu persatu ”karakter” dari kedua ”kubu” No.1 dan No.2,….dari pada ANDA semua,….jadi tdk perlu ANDA simpulkan sendiri bahwa keberpihakan ”beliau” pada No.1, karena,…rindu jabatan,..sakit hati dll,….”ITU bukan tips ”Machfud MD”

    Saran saya,…. apakah tidak lebih baik kalau ANDA juga membuat Surat terbuka kepada , ”JK”,….yg dg sadar menjilat ”ludah,”nya sendiri,..dengan pernyataannya,….”….akan hancur negara ini kalau Jokowi jadi ” Presideng” (logat bugis)…..

    Utk semuanya patut kita syukuri,….karena ”pilpres ” terselenggara dg lancar,…..jangan lagi kita komentari dengan pendapat yg mengundang amarah apalagi menanamkan kebencian,…siapapun yg terpilih mereka semua PUTRA terbaik bangsa,..dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing,…

    Mari kita dukung,…. karena mereka adalah ” PRESIDEN dan WAKIL PRESIDEN”,…NKRI Basil pemilihan yg aman, tertib, dan lancar,…..dg harapan kedepan, akan jauh lebih,…….” Junior dan Adil”,…….

    Kita tunggu hasil penetapan ….” KPU ” tanggal 22 Juli 2014,…. semoga tepat waktu

    JAYALAH INDONESIA,……INDONESIA RAYA,….NKRI

  25. Kekaguman saya terhadap MMD seolah sirna seiring dgn keputusannya menjadi ketua Timses PH. Saya yakin seyakin yakin nya bahwa MMD tau benar siapa sebenarnya PS dan saya sampai saat ini TIDAK mengerti apa yg menjadi dasar MMD mau menjadi ketua timses PH. Saya kira tadi nya MMD akan menjadi seorang negarawan saja dgn nama yg bertamburan berlian selepas menjadi ketua MK. Apakah msh kurang kekuasaan dan jabatan yg selama ini ia emban..? Wallallahualam bissawab…..

  26. Assalamualaikum ,salam hormat bapak mahfud n salam takdzim dari kami apapun yg di sampaikan oleh pendahulu pendahuli disini ,apapun yg mereka katakan adalah merupakan pembelaan ahok yg telah nyata nyata menistakan agama islam,justru sy berterima kasih atas statement panjenengan ,biarkan mereka bicara justru untuk mengkritisi supayaya kita lebih bijaksana dalam mengambil sikap.trimakasih wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s