Coretan Optimisme buat Pak Jokowi-Jk dan ABw… (Bagian-1)


(Bagian-1): Memajukan Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan di Luar Jawa

Unbenannt

Bapak-bapak yang terhormat kami masyarakat biasa punya banyak harapan buat Bapak-Bapak dan semoga Bapak-Bapak sekalian bersedia sekali mewujudkan harapan-2 ini…

Yang PALING UTAMA adalah Pendidikan dan Kesehatan. Agar lebih sederhana maka fokuskan pada Pendidikan Kedokteran kita…

Mohon agar Pendidikan Dokter untuk PTN diluar Jawa di-GRATIS-kan saja sampai tingkat SPESIALIS. Kalau perlu untuk jenjang Sarjana dan Dokter Umum seluruh mahasiswa yang tidak mampu untuk FK PTN luar Jawa diberi bea siswa biaya hidup. Jadinya, para lulusan SMU terbaik akan tertarik ambil kedokteran sampai spesialis di luar Jawa. Jadinya, akan banyak generasi muda cerdas terbaik bangsa ini akan memilih sekolah FK diluar Jawa.

Keuntungannya:

1. Ini akan terjadi transmigrasi sukarela SDM terbaik bangsa ini menyebar ke Pulau Tanah Air yang akhrinya mereka semua akan menjadi jejaringan simpul pembangunan daerah. Sekaligus pemerataan kebutuhan dokter di seluruh pelosok Indonesia.

2. Untuk diingat juga, dalam sejarah Indonesia para Dokter itu adalah kelompok terdidik yang paling berperan memajukan pembangunan masyarakatnya. Dikarenakan mereka bersentuhan langsung dengan persoalan masyarakat. Ini menjadi para dokter sebagai pemimpin informal masyarakat. Jadinya, sesungguh dokter itu adalah “duta-duta” kita untuk membangun masyarakat di lingkungannya.

3. Dikarenakan pendidikannya GRATIS bahkan dapat bea siswa maka ini tidak membuat dokter “mata duitan”. Pendidikan Dokter itu amat mahal. Jika tidak ditanggung negara maka akan melahirkan generasi dokter yang terpaksa mata duitan untuk mengembalikan biaya kuliahnya. Oleh karena itu gratiskan mereka.

Hanya mereka tidak boleh seenaknya menikmati gratis ini. Mereka harus mengembalikan dalam bentuk pengabdian ke masyarakatnya, misalkan:
(1) Tarif Dokter baik Umum dan Spesialis diatur pemerintah secara resmi, termasuk katagorisasi tindakannya pun biayanya berdasarkan keputusan pemerintah.
(2) Dokter DILARANG berhubungan dengan sales obat serta akan beresiko dicabut izinnya.
(3) dll… dll… dll… yang penting itu ditujukan untuk memajukan kesehatan masyarakat di daerahnya.


Biaya untuk menggratiskan pendidikan Dokter di PTN luar Jawa itu tidak terlalu besar. Cukup kurangi saja pos-pos anggaran yang tidak perlu seperti Pos Pilkada yang terlalu sering berbiaya besar, dengan dibuat pengefisienan misalkan, atau pos belanja anggaran dinas pejabat PNS dan DPR, dll. Buat Indonesia yang punya APBN sampai 1.700 Trilyun per tahun mengeluarkan biaya beberapa Trilyun untuk pos ini pasti tidak besar.

Buat Pak Jokowi-Jk dan ABw saya tahu anda orang baik. Cobalah untuk menjadikan ini sebagai salah satu prioritas anda.

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Iklan

One thought on “Coretan Optimisme buat Pak Jokowi-Jk dan ABw… (Bagian-1)

  1. Ya! saatnya pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas bangsa ini… bangsa yang kuat dadalah bangsa yang masyarakatnya sehat dan berpendidikan. Sumber daya alam sangat penting namun jauh lebih penting adalah sumber daya manusia yang mampu mengelola sumber daya alam tersebut…. kita nantikan gebrakan dari presiden yang baru. secara pribadi saya juga mengagumi sosok Anies Baswedan. Pendidikan dasar dan menengah lima tahun depan menjadi taruhan pak ABw untuk melangkan menuju RI1…
    Salam 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s