7 saran PENTING agar Putra/i Remaja anda selulus SMU sukses menjadi Pemenang Global saat studi S1 di Jerman


Keksdosen

(Catatan Redaksi: Tulisan ini berisi saran-saran positif bagi anda yang ingin kirimkan putra/i-nya selulus SMU sekolah ke Jerman untuk mencapai keberhasilan studinya.
Jika anda ingin membaca sudut pandang lain yang berisi sisi-sisi kritis sulitnya study di Jerman maka silahkan klik link ini: https://ferizalramli.wordpress.com/2014/02/20/kebanggaan-semu-sebagian-orang-tua-catatan-kritis-tentang-study-di-jerman-selulus-smu/ )

1. Jangan ambil keputusan tergesa-gesa untuk sekolahkan anak ke Jerman apalagi atas dasar rayuan agen pendidikan yang berkepentingan menguras uang anda untuk membayar biaya jasa pendidikan. Pastikan keputusan anda untuk sekolahkan putra/i anda di Jerman karena sebuah rencana yang matang dan anda harus sadar jika putra/i anda gagal, jangan hukum dia berlebihan karena memang tantangannya tidak mudah.

2. Bekali betul dengan kemampuan B Jerman yang cukup. Sebaiknya level B1, akan lebih baik level B2. Siapkan kemampuan Bahasa Jerman ini semakin dini, semakin baik. Paling tidak mulailah dari SMU pelajari pelan-pelan B. Jerman.

3. Sadarkan putra/i anda bahwa di Jerman dia harus siap mandiri dalam segala hal. Harus bisa ambil keputusan sendiri, bisa berjuang menyelesaikan masalah sendiri dan punya sikap mental pantang menyerah!

4. Sadarkan putra/i anda bahwa di Jerman dia harus siap berjam-jam untuk belajar Bahasa serta pelajaran lainnya di Perpustakaan. Sistem kebut semalam saat ujian seperti di Indonesia dipastikan akan membawa kegagalan jika dia studi di Jerman. Jadi, saat ke Jerman dia harus siap untuk secara disiplin belajar setiap hari.

5. Sadarkan pada putra/i anda harus bisa mengontrol diri bermain game atau pun internet mengingat kecepatan internet di Jerman begitu mengasyikkan sehingga malah sering kali melenakan mereka untuk tidak mau fokus belajar.

6. Pastikan secara financial keuangan anda cukup untuk membiayainya. Memang saat sekolah di Jerman dia boleh kerja part time untuk cari uang. TETAPI harus diingat, beban studi-nya itu berat jadi jangan lagi dibebani harus bisa cari uang untuk membiayai hidupnya. Dia boleh cari uang kerja part time jika terbukti memang prestasi kuliahnya bisa diraih dengan bagus.

7. Ini PALING PENTING: Jadilah sahabat buatnya, bukan menjadi hakim yang mengadilinya saat berbeda pendapat.
INGAT Putra/i anda saat di Jerman sudah melesat seperti busur panah yang meninggalkan anda untuk menata masa depannya. Adalah tidak tepat jika anda menghalangi kecepatan melesatnya hanya karena anda ketakutan dengan perubahan atas jati dirinya. Dia memang sedang berubah dan harus berubah. Tugas anda adalah menjalin komunikasi erat dengannya untuk memastikan bahwa arah perubahan itu adalah arah yang terbaik bagi masa depannya. Jangan jadi hakim bagi putra/i anda jika kelak berbeda pendapatnya denganya. Jadilah seperti sahabat yang bersedia menghargai berbagai sudut pandang berbeda dengannya, demi untuk menemukan sebuah kesadaran terbaik bagi masa depannya.

Akhirnya, doa saya semoga banyak generasi muda Indonesia selulus SMU yang berangkat sekolah ke Jerman karena memang kualitasnya tinggi serta gratis, kelak menjadi “front runners” atau “pelari-pelari terdepan” terbaik milik bangsa ini yang juga akan membawa kehormatan keluarga dan bangsa!

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

Iklan

6 thoughts on “7 saran PENTING agar Putra/i Remaja anda selulus SMU sukses menjadi Pemenang Global saat studi S1 di Jerman

  1. Ping-balik: Kebanggaan semu sebagian orang tua (Catatan Kritis tentang Study di Jerman selulus SMU) | Ferizal Ramli's Blog

    • Mas Daaniyal,
      Agar semakin terus menguasai medan maka saatnya terus eksplore informasi tentang study di Jerman beserta link Yang terkait. Semoga saja bisa menjadi navigasi untuk benar2 sekolah di Jerman 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s