Dr. Lukman Hakim Hasan dan kedaulatan ekonomi


39866_1336409056858_147750_nSalam Hormat saya pada Suheng Mas Lukman Hakim Hassan! – Ekonom UNS Surakarta

Selama ini saya trenyuh mendengar para ekonom kita berbusa-2 bicara tentang kemajuan pertumbuhan nasional, indeks bursa saham yang melejit sebagai simbol kesuksesan ekonomi Indonesia. Belum lagi perilaku privatisasi BUMN (juga gencar dilakukan oleh Dahlan Iskan yang menjual industri strategis Senen atau menjual Obral Garuda), liberalisasi ekonomi, penguasaan SDA kita oleh asing (termasuk Gita Wirjawan yang bilang bahwa kepemilikan SDA boleh saja dikuasai asing yang penting kita dapat manfaat). Itu pernyataan dan perilaku yang bener-2 melukai saya.

Tapi hari-hari ini saya lihat Mas Lukman Hakim Hassan, Ekonom idialis, tetap teguh dan saat ini begitu serius berjuang untuk tema: (1) Kedaulatan Energi, (2) Kedaulatan Pangan, (3) Penyebaran Hasil Pembangunan yang adil. Terakhir kali (setahu saya) tokoh yang begitu serius memperjuangkan itu adalah Prof. Dr. Mubyarto.

Setelah Pak Mubyarto tiada, masyarakat dimabukkan dengan ekonom-2 yang bicara tentang rejim devisa bebas, jalan pedang Privatisasi, penguasaan SDA asing, dll, dan ketundukkan kita pada para invesment banking asing. Tentu saja semua itu sukses berjalan di negeri ini karena adanya kolaborasi antara pemegang dana asing dengan korupnya pemimpin politik dan birokrasi kita.

Saya berharap terjadi revitalisasi kembali Ruh Mubyarto pada para ekonom kita saat ini. Semoga terjadi kebangkitan kembali para ekonom yan berani bicara tentang kedaulatan energi, pangan dan keadilan ekonomi di negara ini. Buat Mas Lukman semoga perjuangan anda selalu dalam ridha-Nya.

-Dari Tepian Lembah Sungai Elbe di dini hari disaat musim awal musim dingin menggil telah tiba-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s