Apakah Jokowi punya Cybertroops atau Cyberarmy untuk membelanya di dunia maya?


Hasil penelitian dan pengamatanku: TIDAK ada cyberarmy atau cybertroops yang membela Jokowi. Jika pun ada itu lebih berupa sukarelawan yang dilakukan secara sukarela bukan profesional dibayar. Jika pun ada itu lebih berupa kesamaan visi atau kecintaan atas keteladanan Jokowi.

Kenapa saya menyimpulkan seperti diatas? Ini alasan dasar saya bicara —setelah saya selidiki dan amati berbagai polekmi tentang Jokowi serta komentar masyarakat dalam setiap artikel pemberitaan di media seperti Kompas, Republika, Media Indonesia, Detik, Kaukus:

Pertama, coba anda perhatikan pihak yang membela Jokowi meskipun mereka pakai akun anymous sekalipun tetapi terlalu banyak akun yang membelanya. Itu akun tidak bisa dilakukan oleh Cyberarmy. Itu terlalu massif ragamnya jika dilakukan oleh sekelompok cyberarmy.

Kedua, akun yang bela Jokowi itu berbeda-beda setiap kasus. Jarang sekali ada akun yang konsisten membela Jokowi dalam jangka lama. Jadi, pada setiap kasus maka akun yang bela berbeda-beda. Ini menunjukkan pembelanya itu spontanitas karena kecintaan belaka dari masyarakat, bukan karena kerja cyberarmy yang profesional.

Ketiga, argumen yang dikeluarkan oleh pembela Jokowi itu amat beragam dan sering kali tidak ada pattern-nya. Ini artinya adalah bukan sebuah argumen yang didesain oleh orang2 yang secara terstruktur dan profesional.

Berangkat dari hal ini maka saya masih percaya bahwa pembelaan terhadap Jokowi itu adalah natural dari masyarakat. Tetap mungkin saja tetap ada cyberarmy-nya tapi itu lebih dari sebuah kerja-kerja kelompok sukarela belaka yang tidak ada motivasi uang saat membela Jokowi kecuali karena persamaan visi semata!

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe,

Ferizal Ramli

Iklan

2 thoughts on “Apakah Jokowi punya Cybertroops atau Cyberarmy untuk membelanya di dunia maya?

  1. Jokowi itu lebih bermanfaat buat Indonesia; bukan jakarta. Masalah jakarta, Ahok juga bisa urus semuanya. Urusan Jokowi adalah urusan yang genting dan mendesak. Yaitu memimpin gerakan anti korupsi, membabat habis para penggerogot uang rakyat. 2014 moment yang tepat utk jokowi menjadi RI 1. Wahai segenap anak bangsa, luaskan perspektif kalian, perluas cara pandang kalian, luaskan jauh ke masa depan, dan katakanlah bahwa jokowi lebih dibutuhkan oleh Indonesia yang sudah sekarat ini. Ayo, mari berjuang bersama sama. Rakyat bersatu tak bisa dikalahkan !! Rakyat bersatu tak bisa dikalahkan !! Rakyat bersatu tak bisa dikalahkan !! MERDEKA !!!

    • Betapa pun saya punya harapan besar pada Jokowi yang saat ini memberikan harapan baik bagi hari depan kita, tetapi tetap tidak boleh kita terjebak pada fenomena taklik pada pemimpin. Ini akan menghilangkan daya kritis kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s