Menurut anda apa arti UGM dapat Predikat WTP (Wajar tanpa Syarat) 7 kali berturut-turut?


Menurut anda apa arti UGM dapat Predikat WTP (Wajar tanpa Syarat) 7 kali berturut-turut?

Kalau menurut saya:

1. Sistem Keuangan dan seluruh sistem yang punya value uang sudah dikelola dengan UGM dengan standard yang baik. WTP 7 kali berturut-turut berarti standard keuangan UGM sudah baik sekali dan itu sudah menjadi tradisi di UGM. Hanya lembaga-lembaga bisnis kredibel yang bisa meraih WTP sebagai tradisinya. Sementara UGM itu lembaga nonprofit, bukan lembaga bisnis. Buat lembaga bisnis saja itu tidak mudah menjadikan laporan keuangan WTP sebagai tradisinya apalagi buat lembaga non profit seperti UGM. Pada titik ini UGM jauh lebih baik dari kebanyakan lembaga non profit pada umumnya bahkan mampu mensejajarkan diri dengan kinerja sistem lembaga-lembaga bisnis yang kredibel.

2. Setelah Sistem Keuangan maka dimensi lain yang harus dikejar adalah Sistem Gugus Kualitas. Sistem keuangan yang baik adalah modal dasar untuk mensupport UGM membangun kualitas keluaran yang baik. Indikator bagusnya kualitas harus dilihat dengan terakreditasinya UGM oleh lembaga-lembaga yang kredibel baik secara nasional lebih-lebih internasional. Saya yakin UGM menyadari itu dan alangkah baiknya jika UGM memberikan data lengkap tentang berbagai akreditasi nasional dan lebih-lebih internasional yang dicapainya ke masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab transaparansinya atas kinerja yang telah diraih, misalkan Akreditas A dari BAN untuk institusi UGM, juga mayoritas akreditas A untuk berbagai jurusannya, atau juga berbagai akreditasi internasional lainnya. Sebaiknya ini dibuat summary laporannya ke masyarakat. Keberhasilan UGM pada titik ini akan menunjukkan eksistensi UGM sebagai lembaga pendidikan bermutu.

3. Membangun Platform Knowledge Management!
Menurut saya, untuk menjadi besar dan World Class UGM harus punya platform knowledge management yang mirip “open sources” dalam arti bisa diakses secara umum tapi dikelola oleh UGM secara profesional. Intinya Platform tersebut menjadi tempat seluruh ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh sivitas akademika UGM bisa ditampung disana dan bisa diakses oleh siapapun. Para pengakses yang telah dapat ilmu dari sana dan telah mengelobarasinya maka difasilitasi untuk kembali memperkaya platform tsb atas penemuan atau pengetahuan baru yang dia dapat. Jadilah kehadiran platform tersebut membuat orang terpandaikan secara massif oleh UGM, saat bersamaan orang pun akan berbondong2 memberikan ilmunya ke platform tsb. Saya yakin UGM telah melakukannya paling tidak dari indikator Webometrics atau I4CU. Hanya mungkin kapasitas Platform ini harus lebih besar lagi sehingga bisa diakses secara luas. Jika UGM benar-benar mampu membangun platform ini maka UGM bisa jadi “HUB” dimana ilmu pengetahuan biasa mengalir kemana saja dan ke siapa saja melalui UGM.

Semoga UGM bertambah maju Almamaterku!

Dari Tepian Lembah Sungai Main di Musim Sömmer di Bulan Ramadhan yang panjang…

http://www.ugm.ac.id/id/berita/8054-ugm.raih.predikat.wtp.7.kali.berturut-turut

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s