Frankfurt 11 tahun lalu!


Di bulan Maret 2002 saya injakkan Frankfurt pertama kali. Dari pesawat udara amat cerah. Tapi saat keluar bandara tiba2 baru terasa meskipun matahari cerah tetapi suhu dingin menusuk tulang. Jaket tebal berlapis tidak bisa diandalkan untuk melindungiku dari suhu dingin menggigil tulang! Ah, ternyata matahari di Eropa tidak sejujur di katulistiwa. Di negera rayuan kelapa matahari cerah berarti suhu hangat atau malah sumuk

Ada yang menarik saat melewati petugas imigrasi. Cukup ramah dan sempat bertanya dimana aku akan kuliah. “di Furtwangen”, kataku.

Lalu petugas kasih stempel di passport saya sambil dengan yakin bilang sampai jumpa tahun depan saat pulang ke tabah air. Begitu yakin klo saya tidak bisa eksis di negeri mereka jadi selesai sekolah tidak akan memenuhi kualifikasi sehingga tidak ada perpanjangan visa. Nyatanya anak lahir disini dan istri tercinta bersamaku saat ini. Sudah sebelas tahun aku disini.

Tapi petugas imigrasi ada benarnya. Aku pasti pulang. Hari ini di Bandara Frankfurt aku pulang untuk kesekian kalinya. Bukan pulang karena visa tidak bisa diperpanjang (sebuah alasan klasik pada banyak pelajar yg pulang ke tanah air dg alasan cinta tanah air biar kelihatan gagah padahal masalah sebetulnya adalah imigrasi Jerman tidak kasih visa). Aku pulang karena aku ingin melakukan sebuah cita-2 kecil sederhana: ingin mengajak para programmer dan developer terbaik milik bangsa ini untuk bersama, berpegangan tangan, menjadi front-runner untuk intervensi pasar IT-Outsourcing Eropa. Jika China dan India melakukannya, kenapa kita tidak?

Semoga cita-cita kecil ini bisa terwujud.

Frankfurt Flughaven di tepian Lembah Sungai Main,

Ferizal Ramli

One thought on “Frankfurt 11 tahun lalu!

Tinggalkan Balasan

